Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan/Istimewa
Health

Apakah Pisang Baik Dimakan Saat Perut Kosong?

Ni Luh Anggela
Rabu, 27 Oktober 2021 - 10:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Kebanyakan orang begitu sibuk di pagi hari, sehingga tidak jarang mereka lebih memilih sarapan termudah dibandingkan dengan sarapan yang rumit.
 
Pisang menjadi salah satu pilihan termudah untuk sarapan karena mereka merupakan buah yang mudah ditemui dan paling mengenyangkan.
 
Pisang kaya akan zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B dan vitamin B6. Komposisinya yang padat nutrisi membantu memperkuat blok otot dan sistem kekebalan tubuh.
 
Pisang merupakan buah yang memiliki nilai gizi tinggi dan kalori rendah, karena hanya menyediakan 90 kalori per 100 gram, dengan 0 persen lemak.
 
Namun, apakah pisang merupakan pilihan yang bagus untuk dinikmati saat perut kosong?
 
Ada makanan tertentu yang tidak disarankan untuk dimakan saat perut kosong, sementara ada juga makanan lain yang disarankan untuk dimakan.
 
Melansir Times of India dan Tododisca, Rabu (27/10/2021), saat dimakan dengan perut kosong, pisang dengan cepat masuk ke lambung dan usus kecil. Ini memfasilitasi penyerapan nutrisinya. Pisang juga mengandung tryptophan, salah satu asam amino esensial untuk keseimbangan serotonin. Ini berfungsi untuk menghilangkan stres, kecemasan, kegelisahan dan insomnia.
 
Namun, para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengonsumsi pisang saja, melainkan harus selalu dikonsumsi dengan bahan lain seperti gandum, buah-buahan, dan kacang-kacangan seperti almond. Ini karena energi yang diberikan pisang saat perut kosong bersifat sementara dan cepat berlalu, sehingga Anda akan merasa lelah dan Anda akan lapar lagi.
 
Alasan lain mengapa para ahli menyarankan makan pisang saat perut kosong bisa berdampak buruk bagi kesehatan seperti mengonsumsi makanan dengan kandungan magnesium tinggi di pagi hari atau perut kosong mungkin buruk bagi kesehatan karena makan makanan dengan kandungan magnesium tinggi di pagi hari atau perut kosong dapat mempengaruhi metabolisme dan menciptakan ketidakseimbangan dalam pencernaan dan dalam beberapa kasus mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan jantung.
 
Jadi, selalu merupakan ide bagus untuk mengonsumsi pisang dengan gandum, apel, buah-buahan kering atau kacang-kacangan, dan sereal untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah lezat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro