Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apakah Pisang Baik Dimakan Saat Perut Kosong?

Baik kah mengonsumsi pisang pada saat perut Anda sedang kosong? atau justru buruk?
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 27 Oktober 2021  |  10:51 WIB
Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan - Istimewa
Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Kebanyakan orang begitu sibuk di pagi hari, sehingga tidak jarang mereka lebih memilih sarapan termudah dibandingkan dengan sarapan yang rumit.
 
Pisang menjadi salah satu pilihan termudah untuk sarapan karena mereka merupakan buah yang mudah ditemui dan paling mengenyangkan.
 
Pisang kaya akan zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B dan vitamin B6. Komposisinya yang padat nutrisi membantu memperkuat blok otot dan sistem kekebalan tubuh.
 
Pisang merupakan buah yang memiliki nilai gizi tinggi dan kalori rendah, karena hanya menyediakan 90 kalori per 100 gram, dengan 0 persen lemak.
 
Namun, apakah pisang merupakan pilihan yang bagus untuk dinikmati saat perut kosong?
 
Ada makanan tertentu yang tidak disarankan untuk dimakan saat perut kosong, sementara ada juga makanan lain yang disarankan untuk dimakan.
 
Melansir Times of India dan Tododisca, Rabu (27/10/2021), saat dimakan dengan perut kosong, pisang dengan cepat masuk ke lambung dan usus kecil. Ini memfasilitasi penyerapan nutrisinya. Pisang juga mengandung tryptophan, salah satu asam amino esensial untuk keseimbangan serotonin. Ini berfungsi untuk menghilangkan stres, kecemasan, kegelisahan dan insomnia.
 
Namun, para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengonsumsi pisang saja, melainkan harus selalu dikonsumsi dengan bahan lain seperti gandum, buah-buahan, dan kacang-kacangan seperti almond. Ini karena energi yang diberikan pisang saat perut kosong bersifat sementara dan cepat berlalu, sehingga Anda akan merasa lelah dan Anda akan lapar lagi.
 
Alasan lain mengapa para ahli menyarankan makan pisang saat perut kosong bisa berdampak buruk bagi kesehatan seperti mengonsumsi makanan dengan kandungan magnesium tinggi di pagi hari atau perut kosong mungkin buruk bagi kesehatan karena makan makanan dengan kandungan magnesium tinggi di pagi hari atau perut kosong dapat mempengaruhi metabolisme dan menciptakan ketidakseimbangan dalam pencernaan dan dalam beberapa kasus mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan jantung.
 
Jadi, selalu merupakan ide bagus untuk mengonsumsi pisang dengan gandum, apel, buah-buahan kering atau kacang-kacangan, dan sereal untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah lezat ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pisang sarapan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top