Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kartu Vaksin Covid Kini Bisa Disimpan di Apple Wallet, Begini Caranya

Selain disimpan di pedulilindungi, kini kartu vaksin bisa disimpan di Apple Wallet bagi Anda pengguna produk Apple.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 27 Oktober 2021  |  16:35 WIB
Apple Wallet
Apple Wallet

Bisnis.com, JAKARTA – Pengguna Apple sekarang dapat menyimpan catatan vaksinasi Covid-19 di Apple Wallet mereka, fitur yang paling banyak diminta tahun ini.
 
Fitur ini dirilis Senin (25/10) di Apple iOS 15.1. Pembaruan perangkat lunak memungkinkan orang dengan iPhone untuk mengambil catatan vaksin mereka langsung dari Wallet mereka.
 
Setelah kartu vaksinasi Anda ada di Wallet, Anda dapat mengaksesnya kapan saja. Ini menunjukkan nama Anda, vaksin apa yang Anda terima, kapan Anda menerima suntikan, siapa yang mengeluarkannya, dan kode QR.
 
Juga, kartu vaksin di Wallet Anda tidak dapat dibagikan dengan pengguna Apple lainnya.
 
Lantas, bagaimana cara menambahkan kartu vaksin Covid ke Apple Wallet Anda?
 
Melansir The Bellingham Herald, Rabu (27/10/2021), pertama, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki perangkat lunak terbaru yang diunduh. Untuk melakukan ini, buka “Setting” lalu “General”dan “Software Update”. Dari sana, Anda akan mengikuti langkah-langkah untuk mengunduh pembaruan.
 
Setelah Anda memiliki iOS 15.1, Anda akan dapat menambahkan catatan Covid-19 Anda dalam beberapa cara yang diuraikan Apple pada hari Senin.

·  Jika Anda menerima kode QR

Di beberapa negara, orang yang telah divaksinasi Covid-19 menerima kode OR dengan catatan Covid mereka, membuatnya lebih mudah untuk memindai dokumen ke smartphone mereka.
 
Jika Anda menerima kode QR, Anda dapat menambahkannya ke Apple Wallet dengan cara: buka aplikasi kamera Anda dan pilih kamera belakang. Lalu, pegang perangkat Anda sehingga kode muncul di layar Anda. Ketuk notifikasi aplikasi Health yang muncul di layar Anda.
 
Anda kemudian dapat mengetuk “Add to Wallet & Health” untuk menambahkan catatan ke aplikasi.

·  Jika Anda menerima file yang dapat diunduh

Catatan lain dapat diakses melalui tautan yang dapat diunduh, yang mungkin telah dikirim melalui email kepada Anda setelah menerima vaksin Anda.
 
Prosesnya sederhana, karena Anda akan mengetuk tautan unduhan di iPhone Anda untuk memulai prosesnya. Kemudian Anda dapat mengetuk “Add to Wallet & Health”untuk menambahkan catatan.

· Jika kartu vaksin sudah ada di Wallet Anda

Pengguna Apple sudah memiliki opsi untuk menambahkan catatan vaksinasi terverifikasi mereka ke dalam aplikasi Health mereka. Perusahaan kini telah mempermudah akses kartu di Wallet Anda.
 
Caranya mudah, buka aplikasi Health jika Anda sudah memiliki catatan vaksin di sana, lalu ketuk “Summary”. Di bawah “Vaccination Record”, Anda dapat mengetuk “Add to Wallet” untuk menyelesaikan prosesnya.
 
Hadirnya fitur ini tentu saja mempermudah Anda pengguna Apple karena saat ini, banyak tempat umum yang memerlukan kartu vaksinasi Covid-19 agar Anda dapat masuk atau berkunjung ke tempat tersebut. Anda tinggal memanfaatkan fitur ini tanpa harus ‘takut ketinggalan’ kartu vaksinasi di rumah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top