Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Menghapus Akun Facebook Anda

Sebelum memutuskan untuk menghapus akun secara permanen, perlu Anda ketahui bahwa menghapusnya, berarti memutuskan hubungan dengan Facebook Messenger.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 05 November 2021  |  15:09 WIB
Facebook - istimewa
Facebook - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Facebook menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Banyak orang memandang Facebook sebagai media penting untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga di seluruh dunia, berinteraksi dengan kelompok hobi yang sama dan mendapatkan informasi.
 
Namun, tidak semua berpikir demikian. Beberapa memandang Facebook sebagai  media perkelahian politik, pelanggaran privasi, penyebaran informasi hoax dan konten lain yang dapat berbahaya bagi remaja.
 
Jika Anda memutuskan untuk ‘keluar’ dari Facebook, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut. Tapi sebelumnya, Anda perlu mengetahui ada dua cara untuk ‘keluar’ dari Facebook.
 
Pertama, menonaktifkannya, dan kedua menghapus akun Anda secara permanen. Anda dapat memilih menonaktifkan akun apabila Anda hanya ingin beristirahat sebentar dari Facebook. Sementara itu, Anda dapat menghapus akun secara permanen jika tidak ingin menggunakan Facebook lagi.
 
Sebelum memutuskan untuk menghapus akun secara permanen, perlu Anda ketahui bahwa menghapusnya, berarti memutuskan hubungan dengan Facebook Messenger. Selain itu, dengan menghapus akun secara permanen, ini dapat mencegah Facebook melacak aktivitas online Anda.
 
Melansir CNET, Jumat (5/11/2021), berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menutup akun Facebook Anda, yang tentunya membutuhkan waktu dan kesabaran.

1. Hapus aplikasi Facebook dari ponsel dan tablet Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus aplikasi dari ponsel Anda. Menghapus aplikasi tidak akan menghapus akun Facebook Anda, sehingga Anda masih dapat mengaksesnya dari browser dan perangkat lainnya.
 
Menghapus aplikasi dari ponsel atau tablet Anda dapat membantu Anda tidak tergiur untuk membuka Facebook.

2. Pilih alternatif media sosial atau aplikasi pesan lainnya

Saat Anda menghapus akun Facebook Anda, akses Facebook Messenger akan ikut terhapus. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menghapus akun, sebaiknya Anda menghubungi teman-teman Facebook Anda, terutama mereka yang ingin tetap berhubungan dengan Anda dengan mengirimkan pesan melalui Facebook Messenger.

3. Putuskan hubungan akun Facebook Anda dari aplikasi lain

Pengembang pihak ketiga seperti Spotify telah lama menawarkan opsi untuk menggunakan akun Facebook sebagai cara untuk mendaftar dan masuk ke layanan mereka. Cara ini tentu mempermudah Anda.
 
Sebelum menghapus akun, Anda harus menangani akun luar yang mengandalkan info Facebook dengan masuk ke setiap akun dan memutuskannya dari akun Facebook Anda.
 
Untuk menemukan daftar aplikasi yang ditautkan ke akun Facebook Anda, masuk ke akun Facebook  kemudian buka Pengaturan. Klik Aplikasi dan Situs Web. Jika Anda mengalami kesulitan untuk memutuskan tautan akun Facebook dari suatu layanan, hubungi departemen layanan pelanggan perusahaan untuk mendapatkan bantuan.
 
Setelah selesai, minta dan unduh semua salinan data Facebook Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
 
Masuk ke Facebook kemudian buka Pengaturan. Klik Informasi Facebook Anda. Lalu, klik Lihat di sebelah Unduh Informasi Anda. Biarkan semua kotak dicentang di bawah bagian Informasi Anda. Biarkan format disetel ke HTML, ini akan menempatkan data Anda dalam format yang mudah dinavigasi. Untuk menyimpan salinan foto dan video beresolusi tinggi yang telah Anda unggah ke Facebook, ubah menu Kualitas Media.
 
Terakhir, klik Buat File. Facebook akan mengumpulkan semua informasi Anda dan mengirimi Anda email ketika semua data sudah siap untuk diunduh. Namun, ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga Anda perlu sedikit bersabar.

4. Terakhir, hapus akun Facebook Anda

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, saatnya untuk menghapus akun Anda. Facebook akan memberikan beberapa pertanyaan dan hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menghapus akun Anda.
 
Misalnya, Anda akan disarankan untuk mengunduh semua informasi Anda, atau jika Anda adalah satu-satunya admin Halaman Facebook, Anda akan diminta untuk memberikan hak istimewa admin ke akun lainnya. Jika tidak, halaman tersebut akan dihapus bersama akun Anda.
 
Sudah siap? Klik Hapus Akun, masukkan kata sandi Anda dan klik Lanjutkan. Terakhir, klik Hapus Akun lagi dan selesai.

5. Anda masih punya waktu 30 hari untuk berubah pikiran

Facebook membutuhkan waktu 90 hari untuk menghapus semua data Anda dari servernya. Selama 30 hari pertama periode tersebut, Anda masih dapat masuk dan membatalkan permintaan untuk menghapus akun Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

facebook aplikasi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top