Angkat beban/Istimewa
Fashion

Weight Training Turunkan Berat Badan hingga Memelihara Kesehatan Jantung  

Nancy Junita
Rabu, 12 Januari 2022 - 15:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyebut salah satu kekurangan pemain sepak bola yang dilatihnya adalah weight training. Apa saja manfaatnya?

Shin menyampaikan hal itu saat menjadi tamu di podcast Deddy Corbuzier yang dipantau Selasa (11/1/2022).

Menurut dia, pemain Indonesia kurang diberi pengertian pentingnya melakukan weight training.  Padahal weight training dibutuhkan untuk menjaga kualitas permainan sepak bola, terlebih saat bertanding di lapangan.

Weight training atau latihan angkat beban mungkin tidak menjadi primadona, dibanding jenis olahraga lainnya. Tak jarang olahraga ini dianggap sebagai olahraga kaum lelaki. Padahal, weight training banyak dilakukan wanita.

Dikutip dari halodoc.com, Rabu (12/1/2022), dari segi manfaat, weight training tak kalah dengan jenis olahraga lainnya. Tidak sebatas meningkatkan kekuatan otot saja. Weight training juga bisa membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal.

Berikut manfaat weight training:

1.Melatih dan menguatkan otot

Salah satu manfaat utama yang bisa dirasakan, jika weight training adalah menguatkan otot. Namun, tubuh kamu tidak kan langsung berotot seperti binaragawan.

Karena untuk membentuk tubuh seperti binaragawan, dibutuhkan pengaturan pola makan khusus dan konsistensi dalam latihan.

Menguatkan otot dalam hal ini berarti membuat kamu jadi lebih mudah melakukan berbagai hal, sebab untuk bisa beraktivitas dengan enerjik, diperlukan kekuatan otot. Selain itu, bentuk tubuh secara perlahan akan terlihat semakin menawan.

2. Menurunkan berat badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, weight training bisa jadi salah satu olahraga yang patut untuk dicoba. Olahraga ini membantu membakar kalori dalam tubuh. Tubuh akan terus membakar kalori setelah melakukan latihan. Bertambahnya massa otot juga meningkatkan kapasitas tubuh dalam membakar kalori.

3. Meningkatkan ketahanan tubuh

Weight training juga merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Ketika melakukan olahraga ini, Anda semakin lama perlu menambah beban yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

4. Mencegah penurunan massa otot

Seiring bertambahnya usia, kamu akan kehilangan massa otot sebanyak tiga sampai delapan persen per 10 tahun. Jika kamu rutin melakukan weight training, penurunan massa otot bisa dicegah dan tulang menjadi tetap kuat di hari tua nanti.

5. Memelihara kesehatan jantung

Selain meningkatkan dan menjaga massa otot, weight training juga membantu melindungi organ jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

5. Mencegah cedera

Saat menjalani weight training, kamu juga turut menguatkan tulang dan jaringan-jaringan tubuh. Hal ini mengurangi risiko kamu untuk mengalami cedera.

7. Meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh

Weight training membuat Anda bisa menggerakkan otot dan tubuh secara lebih efisien. Selain itu, penguatan otot karena weight training juga berdampak pada keseimbangan tubuh.

Otot akan semakin baik menjaga keseimbangan dan membuat tubuh lebih kokoh, serta tidak mudah jatuh.

8.Mengurangi kecemasan dan gejala depresi

Saat mengangkat beban, kamu juga turut mengangkat kepercayaan diri. Sebab, latihan ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan gejala depresi, serta membuat kamu lebih bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro