Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Wanita Butuh Tidur Berkualitas Lebih Lama dari Pria

Ini Alasan Wanita Butuh Tidur Berkualitas Lebih Lama dari Pria
1

Selanjutnya

Wanita membutuhkan tidur lebih lama dibanding pria - Istimewa
Wanita membutuhkan tidur lebih lama dibanding pria - Istimewa

1. Risiko gangguan tidur

Wanita 40 persen lebih rentan terhadap insomnia dan restless leg syndrome (RLS) yang menyebabkan dorongan tak terkendali untuk menggerakkan kaki, biasanya karena sensasi tidak nyaman yang mengganggu tidur, mengharuskan wanita untuk tidur lebih lama untuk mengganti waktu tidur yang hilang.

2. Ketidakseimbangan hormon

Wanita mengalami banyak perubahan hormonal sepanjang hidup mereka. Perubahan menciptakan gangguan dalam ritme sirkadian mereka, membutuhkan tidur ekstra.

3. Kesehatan mental

Wanita dua kali lebih mungkin menderita depresi daripada pria. Di India, wanita cenderung menghadapi masalah kesehatan mental yang merugikan karena komitmen profesional mereka dan tanggung jawab tambahan pekerjaan rumah tangga. Siklus tidur yang baik diperlukan bagi mereka untuk menjaga kesehatan mental mereka,” kata Dr Dey.

4. Gaya hidup dan kebugaran pribadi

Tidur malam yang nyenyak membantu metabolisme wanita. Ini memberi lebih banyak energi untuk berolahraga, berkonsentrasi, dan melakukan tugas sehari-hari penting lainnya. Menurut para peneliti di Loughborough University Inggris, wanita membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria karena multitasking.

Konsekuensi dari siklus tidur yang buruk cenderung lebih parah pada wanita dibandingkan pria. Beberapa penelitian secara menunjukkan bahwa wanita yang kurang tidur memiliki peningkatan risiko hipertensi, diabetes tipe 2, stroke jantung, stres, dan masalah kesehatan mental daripada pria yang kurang tidur. Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat memperburuk gangguan mood yang sudah ada sebelumnya, seperti marah, depresi, dan kecemasan.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur
Sumber : Tempo
Editor : Andhika Anggoro Wening

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top