Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Makanan Sehat Penambah Usia dan Cegah Penyakit Kronis

Tambahkanlah beberapa makanan di bawah ini, untuk menghindari risiko penyakit jantung dan diabetes, sehingga Anda sehat dan tetap awet muda.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 28 Januari 2022  |  00:39 WIB
Minyak zaitun bisa mencegah risiko penyakit kronis dan membuat awet muda - tsmc.com.au
Minyak zaitun bisa mencegah risiko penyakit kronis dan membuat awet muda - tsmc.com.au

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, makanan yang kita makan dapat sangat memengaruhi kebugaran, penampilan, kualitas hidup, dan risiko penyakit kronis.

Seiring berjalannya waktu dan usia, maka tubuh manusia akan mengalami proses penuaan alami. Namun, ada beberapa nutrisi yang dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dengan menjaga kesehatan kulit.

Menambahkan makanan padat nutrisi ke dalam asupan dapat membantu Anda terlihat dan merasakan yang terbaik seiring bertambahnya usia. Secara umum, cobalah makanan yang mengandung protein dan lemak sehat, serta kaya antioksidan. Berikut adalah 10 makanan bergizi yang mendukung penuaan yang sehat:

  1. Minyak zaitun extra virgin

Melansir dari Healthline, minyak zaitun extra virgin adalah salah satu minyak paling sehat di bumi. Jenis minyak ini kaya akan lemak sehat dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh ketidakseimbangan radikal bebas dalam tubuh.

Diet kaya minyak zaitun telah dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, sindrom metabolic, dan jenis kanker tertentu.

Antioksidan dalam minyak zaitun extra virgin yaitu tokoferol dan beta karoten, serta senyawa fenolik yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. 

Idealnya, pilih minyak zaitun extra virgin jeni cold press karena lebih tinggi antioksidan dan lebih sedikit diproses daripada minyak yang diekstraksi menggunakan metode lain. Tambahkan minyak ini dalam salad atau sebagai saus. 

  1. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dibuat sebagai produk sampingan dari fungsi sel normal. Mereka juga dapat terbentuk sebagai respons terhadap stresor dari lingkungan eksternal, seperti sinar ultraviolet (UV) atau asap tembakau. Radikal bebas dapat merusak sel-sel Anda jika berada pada tingkat yang tinggi.

Asupan teh hijau yang tinggi antioksidan akan menstabilkan radikal bebas sehingga akan mengurangi risiko penyakit jantung, penuaan dini, dan penyakit kronis lainnya. 

Polifenol yang ditemukan dalam teh hijau dapat membantu mengurangi penuaan kulit eksternal akibat matahari dan polusi dengan menetralkan radikal bebas sebelum merusak kulit.

  1. Ikan berlemak

Ikan berlemak adalah makanan bergizi tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Salmon, salah satu jenis ikan berlemak yang paling populer, memiliki aspek tambahan yang dapat membantu mendukung kesehatan kulit Anda.

Warna pink pada salmon merupakan antioksidan karotenoid yang disebut astaxanthin.

Salmon dan ikan berlemak lainnya mengandung protein tinggi, yang penting untuk dikonsumsi agar tubuh Anda dapat memproduksi kolagen dan elastin. Kedua molekul ini bertanggung jawab atas kekuatan, kekenyalan, dan elastisitas kulit. Makan protein juga meningkatkan penyembuhan luka.

Umumnya ikan mengandung selenium yang tinggi. Mineral dan antioksidan ini berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA dan dapat membantu mengurangi dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV. Memiliki kadar yang memadai dalam tubuh dapat mengurangi keparahan penyakit kulit seperti psoriasis.

  1. Cokelat hitam atau kakao

Cokelat hitam kaya akan polifenol, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Secara khusus, mengandung flavanol, yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan, seperti risiko yang lebih rendah dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penurunan kognitif.

Selain itu, konsumsi makanan kaya flavanol dan antioksidan lainnya dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memperlambat penuaan kulit.

Ingat, semakin tinggi kandungan kakao, semakin tinggi pula kandungan flavanolnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin menambahkan cokelat hitam ke dalam makanan Anda, pilihlah variasi dengan setidaknya 70% padatan kakao dan sedikit tambahan gula.

  1. Sayuran

Sebagian besar sayuran sangat padat nutrisi dan rendah kalori. Banyak sayuran juga tinggi karotenoid, seperti beta karoten dan likopen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tinggi karotenoid dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari, yang merupakan penyebab utama penuaan kulit dini.

Beberapa sumber beta karoten terbaik adalah wortel, labu, dan ubi jalar. Sangat penting untuk makan sayuran dengan warna berbeda, karena setiap warna mewakili antioksidan berbeda yang dapat bermanfaat bagi kulit dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sayuran juga kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin C memainkan peran penting dalam produksi kolagen. Kolagen adalah bahan pembangun utama kulit, tetapi produksinya mulai menurun setelah usia 25 tahun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikan tips sehat awet muda
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top