Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Louis van Gaal Kena Kanker Prostat, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai Para Pria

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat. Prostat adalah kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria yang menghasilkan cairan mani yang memberi nutrisi dan mengangkut sperma.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 04 April 2022  |  22:27 WIB
Louis Van Gaal - Dailymail
Louis Van Gaal - Dailymail

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Belanda Louis van Gaal, dalam sebuah televisi Belanda, Humbert, mengungkapkan dia telah didiagnosis menderita kanker prostat, tetapi dia masih berencana untuk memimpin timnya di Piala Dunia di Qatar dalam waktu tujuh bulan mendatang

Pelatih berusia 70 tahun itu mengatakan dia telah menjalani 25 perawatan sejak didiagnosa menderita kanker prostat, dan dia harus pergi ke rumah sakit pada malam hari seusai Latihan tanpa diketahui oleh pemainnya.

Dilansir dari Daily Star mantan pelatih Manchester United ini memperlihatkan ketegarannya, dan optimis akan tetap melanjutkan hidup sebagai manusia normal.

“Anda tidak mati karena kanker prostat, setidaknya tidak dalam 90 persen kasus. Biasanya penyakit lain yang mendasari yang membunuh Anda,” katanya dilansir dari Daily Star, Senin (4/4/2022).

Seperti yang telah diketahui bahwa Van Gaal telah pensiun secara permanen dari manajemen sepakbola setelah kepergiannya dari Manchester United pada 2016.

Namun, dia ditunjuk sebagai pelatih Belanda untuk ketiga kalinya tahun lalu, setelah membantu mereka finish di peringkat ketiga Piala Dunia di Brasil delapan tahun lalu.

Van Gaal mendapatkan reputasi sebagai salah satu pelatih terhebat selama menjabat di Ajax pada tahun sembilan puluhan, mampu membantu mereka mendapatkan tiga gelar liga dan memenangkan Liga Champions pada tahun 1995. Dia juga memenangkan gelar liga dengan Barcelona, Bayern Munich dan AZ Alkmaar.

Dua tahun bersama United berakhir dengan kemenangan di final Piala FA 2016 atas Crystal Palace.

Manchester United memposting pesan dukungan untuk Van Gaal setelah dia mengumumkan berita tersebut pada Minggu malam  melalui akun Twitter-nya. “Semua orang di Manchester United sepenuhnya mendukung mantan manajer kami, Louis van Gaal, dalam perjuangannya melawan kanker. Mengirimkanmu kekuatan dan keberanian, Louis,” demikian bunyi cuitan MU

Klub yang pernah dilatih lainnya Barcelona juga memberikan pesan agar Van Gaal tetap semangat dalam menjalaninya dan mendoakan agar cepat sembuh, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) juga turur memberikan dukungan kepada Van Gaal.

“Atas nama komunitas sepak bola Eropa, kami mengirimkan harapan terbaik kami kepada pelatih Belanda Louis van Gaal, yang telah mengumumkan bahwa dia sedang berjuang melawan kanker prostat. Kami semua bersamamu, Louis,” kata UEFA.

Bagi Anda pria harus berhati-hati terhadap risiko kanker prostat ini.

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat. Prostat adalah kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria yang menghasilkan cairan mani yang memberi nutrisi dan mengangkut sperma.

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum. Banyak kanker prostat tumbuh lambat dan terbatas pada kelenjar prostat, di mana mereka mungkin tidak menyebabkan kerusakan serius. Namun, sementara beberapa jenis kanker prostat tumbuh lambat dan mungkin memerlukan perawatan minimal atau bahkan tanpa pengobatan, jenis lain bersifat agresif dan dapat menyebar dengan cepat.

Kanker prostat yang terdeteksi lebih awal ketika masih terbatas pada kelenjar prostat – memiliki peluang terbaik untuk pengobatan yang berhasil.

Kanker prostat mungkin tidak menimbulkan tanda atau gejala pada tahap awal.

Kanker prostat yang lebih lanjut dapat menyebabkan tanda dan gejala seperti:

Kesulitan buang air kecil
Penurunan kekuatan dalam aliran urin
Darah dalam urin
Darah dalam air mani
Sakit tulang
Menurunkan berat badan tanpa mencoba
Disfungsi ereksi

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat meliputi :

Usia yang lebih tua

Risiko kanker prostat Anda meningkat seiring bertambahnya usia. Ini paling umum setelah usia 50 tahun.
Balapan. Untuk alasan yang belum ditentukan, orang kulit hitam memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat daripada orang dari ras lain. Pada orang kulit hitam, kanker prostat juga lebih cenderung agresif atau lanjut.

Sejarah keluarga

Jika kerabat darah, seperti orang tua, saudara kandung atau anak, telah didiagnosis menderita kanker prostat, risiko Anda mungkin meningkat. Juga, jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan gen yang meningkatkan risiko kanker payudara (BRCA1 atau BRCA2) atau riwayat keluarga kanker payudara yang sangat kuat, risiko kanker prostat Anda mungkin lebih tinggi.

Kegemukan

Orang yang mengalami obesitas mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat dibandingkan dengan orang yang dianggap memiliki berat badan yang sehat, meskipun penelitian memiliki hasil yang beragam. Pada orang gemuk, kanker lebih cenderung menjadi lebih agresif dan lebih mungkin untuk kembali setelah pengobatan awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker prostat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top