Ilustrasi merawat kulit agar tidak kering/Pexels.com
Health

Ini 5 Tips Cegah Kulit Kering saat Puasa Ramadan

Aliftya Amarilisya
Senin, 18 April 2022 - 10:09
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Minimnya asupan cairan selama berpuasa di bulan Ramadan tidak hanya berisiko membuat seseorang dehidrasi.

Lebih jauh, hal tersebut, ditambah dengan pola makan yang tidak teratur bisa menimbulkan masalah pada kulit, seperti bibir kering hingga jerawat.

Untuk itu, dokter spesialis kulit dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV pun memberikan sejumlah tips agar kesehatan kulit tetap terjaga selama berpuasa. Berikut ulasannya.

1. Banyak minum air putih

Pastikan asupan cairan dalam tubuh Anda terpenuhi guna menjaga kelembapan kulit. Dokter Kardiana menyarankan untuk minum dua gelas saat sahur dan sebelum imsak, lalu enam gelas saat berbuka puasa hingga sebelum tidur.

"[Namun] hindari minuman berkalori tinggi, serta gula yang berlebih, seperti soda atau sirup, karena dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada kulit terutama yang sensitif, seperti jerawat, iritasi, hingga eksim," katanya.

2. Perhatikan durasi mandi dan suhu air

Hindari mandi terlalu lama, terlebih jika menggunakan air panas. Pasanya, hal tersebut bisa menghilangkan minyak alami kulit, sehingga kulit pun menjadi kering.

3. Konsumsi makanan yang baik untuk kulit

Makanan yang kita konsumsi pada dasarnya dapat memengaruhi kondisi kulit. Untuk itu, pilihah makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kulit, seperti kurma yang mana bisa membuat kulit menjadi lembut.

"Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi, seperti semangka, pepaya, jeruk dan nanas, juga dapat menjaga kelembaban kulit," ucap dr. Kardiana.

4. Pilih pelembap sesuai kondisi kulit

Lebih jauh, dr. Kardiana menyarankan untuk memilih pelembap bertekstur ringan atau water based bagi pemilik kulit berminyak. Sementara untuk kulit kering, pilih pelembap dengan tekstur lebih pekat atau creamy.

"[Namun] jika sedang mengalami masalah eksim pada kulit, gunakan lotion dengan kandungan hypoallergenic," katanya.

5. Kurangi pemakaian produk yang picu kulit kering

Jangan terlalu sering dan bahkan hindari menggunakan produk eksfoliasi. Pasalnya, selama puasa, kondisi kulit cenderung lebih kering dari biasanya.

"Cek kandungan pada skincare. Bagi yang memiliki kulit kering, hindari dulu produk yang mengandung cairan acid, seperti AHA, BHA, dan retinol karena dapat menimbulkan iritasi," kata dr. Kardiana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro