Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peminum Kopi Ternyata Bisa Hidup Lebih Lama Lho

Studi observasional sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara asupan kopi dan pengurangan risiko kematian, tetapi mereka tidak membedakan antara kopi yang dikonsumsi dengan gula dan kopi yang dikonsumsi tanpa gula.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 04 Juni 2022  |  02:22 WIB
Peminum Kopi Ternyata Bisa Hidup Lebih Lama Lho
Panjang umur

Bisnis.com, JAKARTA — Kabar baik bagi para pecinta kopi. Berdasarkan sebuah penelitian baru-baru ini, minum kopi dapat menyebabkan hidup lebih lama, ditambah sesendok gula yang bisa memperkuatnya,

Dilansir dari Web MD, antara lebih dari 170.000 orang di Inggris, mereka yang minum sekitar dua hingga empat cangkir kopi sehari, dengan atau tanpa gula, memiliki tingkat kematian yang lebih rendah daripada mereka yang tidak minum kopi.

Studi observasional sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara asupan kopi dan pengurangan risiko kematian, tetapi mereka tidak membedakan antara kopi yang dikonsumsi dengan gula dan kopi yang dikonsumsi tanpa gula.

Untuk mempelajari lebih lanjut, para peneliti beralih ke Biobank Inggris. Hasil penelitian menunjukkan 55,4% dari mereka minum kopi tanpa pemanis, 14,3% minum kopi dengan gula, 6,1% minum kopi dengan pemanis buatan, dan 24,2% tidak minum kopi sama sekali. Peminum kopi selanjutnya diurutkan ke dalam kelompok berdasarkan berapa banyak cangkir kopi yang mereka minum per hari.

Peminum Kopi Secara Signifikan Lebih Kecil Kemungkinannya untuk Meninggal

Selama sekitar 7 tahun, 3.177 orang yang diteliti meninggal, termasuk 1.725 orang karena kanker dan 628 orang karena penyakit jantung. Setelah memperhitungkan pilihan gaya hidup, para peneliti menemukan bahwa peminum kopi secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena sebab apa pun seperti penyakit jantung atau kanker, daripada mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

Manfaat ini terlihat di berbagai jenis kopi, termasuk kopi bubuk, instan, dan tanpa kafein. Efek perlindungan kopi paling besar pada orang yang minum sekitar dua sampai empat cangkir sehari, di antaranya kematian sekitar 30% lebih kecil kemungkinannya, terlepas dari apakah mereka menambahkan gula ke kopi mereka.

Meskipun hasil penelitian menunjukkan bahwa menambahkan gula tidak menghilangkan manfaat kesehatan dari kopi, tetap waspadai minuman manis karena ada hubungan yang diketahui secara luas antara konsumsi gula dan kesehatan yang buruk.

Konsumsi kopi moderat telah berulang kali dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari beberapa penyakit kronis dan kematian, tetapi masih belum ada cukup bukti untuk merekomendasikan kopi bagi mereka yang belum meminumnya.

Diperlukan lebih banyak penelitian jangka panjang, idealnya dengan studi yang membandingkan perubahan konsumsi kopi dan hasil kesehatan dari waktu ke waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi panjang umur
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top