Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Berkendara dengan Aman di Jalanan

Kecelakaan lalu lintas sering terjadi sebagai akibat dari kecerobohan atau kelalaian pengemudi sendiri yang menyebabkan cedera pada diri sendiri atau bahkan orang lain.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 04 Juni 2022  |  03:02 WIB
Tips Berkendara dengan Aman di Jalanan
Ilustrasi latihan berkendara motor roda dua

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai pengendara, baik pengendara motor maupun mobil di jalan raya harus memiliki sikap disiplin dan disiplin diri, memang semua pengendara menginginkan perjalanan yang nyaman, cepat dan mudah, namun perlu juga disadari bahwa, Jalan tidak milik pribadi, dan banyak pengendara lain juga memiliki jalan sebagai jalur tujuannya.

Sayangnya, kecelakaan lalu lintas sering terjadi sebagai akibat dari kecerobohan atau kelalaian pengemudi sendiri yang menyebabkan cedera pada diri sendiri atau bahkan orang lain.

Untuk menghindari dan meminimalisir risiko kecelakaan di jalan, ada beberapa trik yang bisa kita lakukan agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Periksalah kendaraan Anda

Yang pertama adalah memeriksa mesin kendaraan, serta perlengkapan yang harus dibawa, seperti memeriksa kondisi mesin, dan memeriksa tekanan ban sesuai anjuran.

Sesuaikan posisi mengemudi

Nah bagi pengendara motor dan mobil juga harus tahu bagaimana cara mengatur posisi berkendara yang baik, kalau bisa atur posisi duduk terlebih dahulu, bagaimana agar nyaman tanpa membuat pegal, kram, dll.

Menggunakan sabuk pengaman

Jadi jika Anda menggunakan mobil, jangan lupa untuk memasang sabuk pengaman Anda. Fungsi Sabuk Pengaman Sabuk pengaman digunakan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan, kecuali adanya kantung udara (airbag).

Atur Kecepatan Berkendara

Yang keempat adalah mengatur kecepatan kendaraan saat berkendara, mengemudi dengan kecepatan tinggi boleh saja, tapi perhatikan pengendara lain di sekitar anda, mereka juga membutuhkan jalan sebagai kendaraannya.

Sering Periksa Spion

Kelima dan paling penting, namun sering diabaikan oleh pengendara adalah kaca spion, yang berfungsi untuk melihat kendaraan lain di belakang, dan ini berfungsi ketika Anda ingin berbelok atau akan melintasi persimpangan.

Gunakan jalur kanan untuk menyalip

Keenam, menyalip dan menyalip di jalur kanan sudah menjadi aturan lalu lintas yang diatur dalam UU Lalu Lintas. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan kemacetan.

Jangan Mendahului Mobil Yang Tidak Aman

Mendahului mobil pada posisi yang tidak memungkinkan kita melihat kondisi lalu lintas didepan sangat berbahaya, contohnya :

        - Saat berada ditikungan

        - Saat di puncak tanjakan

        - Dalam terowongan tanpa pembatas jalur

        - Dekat persimpangan jalan

        - Dalam kompleks perumahan atau dekat sekolah dimana anak-anak banyak bermain

Jangan gunakan telepon

Kedelapan, jangan menggunakan ponsel saat mengemudi, karena dapat mengganggu konsentrasi Anda di jalan raya. Jika Anda ingin menggunakan ponsel atau gadget Anda, pastikan Anda berhenti di persimpangan untuk menghindari kemacetan lalu lintas dan kecelakaan.

Sementara itu, PT. Astra International Tbk melelaui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) kembali menggelar pelatihan aman berlalu lintas untuk siswa-siswi binaan SMKN 1 Pandak dan SMPN 4 Pandak Kabupaten Bantul di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta.

Kegiatan yang dihadiri oleh 60 peserta ini merupakan program kolaborasi YPA-MDR dengan Astra Motor Yogyakarta yang berkomitmen menjalankan gerakan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berperilaku aman berkendara dan berlalu lintas.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka mengedukasi siswa-siswi binaan yang berada di Kabupaten Bantul untuk menggunakan kendaraan sepeda motor secara bijak dan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku”.

Herawati menambahkan bahwa pada waktu mendatang pelatihan aman berkendara ini akan diselenggarakan untuk siswa-siswi binaan yang berada di Kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan ini menjadi bentuk nyata dukungan YPA-MDR untuk tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia dalam hal mengurangi jumlah fatalitas global yang disebabkan dari kecelakaan lalu lintas.

Marketing Manager Astra Motor Yogyakarta Thomas Pradu mengungkapkan bahwa Astra Motor Yogyakarta bersama dengan tim instruktur profesionalnya selalu membuka ruang kolaborasi dengan sekolah / universitas yang ingin mengadakan pelatihan safety riding.

Thomas menambahkan, “Dengan semangat #Cari_Aman, kami membuka kesempatan untuk berkolaborasi dalam mewujudkan perilaku aman berkendara di jalan raya. Baik dalam bentuk pelatihan di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta, pelatihan di sekolah, hingga seminar offline dan online.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

setir Tip Berkendara
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top