/Bisnis.com
Health

Gejala Stroke yang Harus Anda Waspadai

Intan Riskina Ichsan
Minggu, 26 Juni 2022 - 10:52
Bagikan

Kesulitan Berbicara hingga Sakit Kepala

1. Kesulitan berbicara atau memahami orang lain

Tiba-tiba bicara kacau, kesulitan menemukan kata-kata, atau kesulitan memahami apa yang dikatakan orang lain merupakan tanda bahwa Anda mengalami stroke di sisi kiri otak Anda, yang merupakan pusat kendali untuk bicara dan bahasa.

2. Fitur wajah yang tidak biasa

Kelopak mata yang kendur, senyum bengkok, atau fitur wajah yang asimetris adalah salah satu gejala stroke yang paling terkenal. Gejala tersebut disebabkan oleh saraf yang mengontrol otot-otot wajah Anda rusak ketika oksigen ke otak Anda tersumbat (stroke iskemik) atau ketika pendarahan di otak Anda menciptakan terlalu banyak tekanan (stroke hemoragik).

3. Kelemahan atau kelumpuhan di satu sisi tubuh Anda

Jika kaki kanan Anda tiba-tiba menjadi sangat lemah sehingga Anda tidak dapat berjalan, atau Anda tidak dapat menggerakkan lengan kanan Anda sama sekali, ini adalah tanda-tanda umum bahwa Anda mengalami stroke, dan bahwa stroke tersebut merusak bagian tubuh Anda.

4. Pusing, vertigo, dan kehilangan keseimbangan

Pusing dengan sendirinya bukanlah tanda untuk stroke, tapi pusing yang disertai dengan vertigo, kehilangan keseimbangan, atau gejala stroke lainnya menandakan stroke batang otak. Batang otak mengontrol sistem saraf pusat, termasuk keterampilan motorik, dan Anda berisiko lebih tinggi terkena stroke jenis ini jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, fibrilasi atrium, atau perokok.

5. Perubahan penglihatan

Perubahan penglihatan seringnya merupakan gejala dari serangan iskemik transien (TIA), juga dikenal sebagai stroke mini atau stroke peringatan karena cenderung menjadi pendahulu dari stroke besar. Kehilangan penglihatan yang terkait dengan TIA sering melibatkan peredupan penglihatan di satu mata, tetapi juga bisa bermanifestasi sebagai kehilangan penglihatan total, penglihatan kabur, atau kepekaan terhadap cahaya terang.

6. Sakit kepala

Sebanyak 65% orang yang mengalami stroke mengalami sakit kepala parah sebagai salah satu gejalanya. Sakit kepala yang berhubungan dengan stroke muncul dalam hitungan menit atau bahkan detik, bukannya perlahan-lahan menyerang Anda. Rasa sakit berpusat di mana saja di kepala Anda, seperti dahi Anda atau ke arah belakang kepala Anda, tergantung di mana stroke terjadi di otak Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro