Kasus Covid-19/Istimewa
Health

Prof Zubairi: Indonesia Masih Belum Capai Puncak Gelombang BA4 dan BA5

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 15 Juli 2022 - 19:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menyatakan Indonesia belum memasukin puncak gelombang BA.4 dan BA.5 Covid-19.

"Melihat tren, kasus baru masih naik terus. Begitu juga positivity rate, saat ini di atas 18%. Tapi kita masih belum capai puncak gelombang BA.4 dan BA.5—yang saya harap tidak akan besar," ujarnya dikutip dari akun twitternya.

Zubairi mencatat ada peningkatan signifikan dalam jumlah kasus baru belakangan ini. Terbaru adalah 3.822 kasus, dengan 12 kematian yang merupakan laporan nyata, bukan hanya sekadar angka.

"Artinya tiap hari masih ada keluarga yang kehilangan orang tua, anak, atau pasangan hidup. Tetaplah waspada," imbaunya.

Zubairi juga mendukung imbauan pemerintah yang mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker di dalam dan luar ruangan.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memprediksi puncak gelombang omicron subvarian Covid-19 BA.4 dan BA.5 terjadi pada pertengahan Juli 2022.

Hal itu didasari atas pengamatan yang terjadi di Afrika Selatan. "Kalau polanya sama dengan di Afrika Selatan, perkiraan puncak (di Indonesia) bisa kena di pekan kedua dan ketiga Juli 2022," ujarnya.

Kenaikan kasus di Afrika Selatan dalam sebulan terakhir, kata Budi, hanya sepertiga dari kenaikan kasus di puncak Omicron BA.1. Hospitalisasi atau pasien yang dirawat di rumah sakit hanya sepertiga dari puncak Omicron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro