Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Masuk Kamar Mandi dan Adab Buang Hajat Menurut Islam

Doa masuk kamar mandi diucapkan dengan tujuan untuk meminta perlindungan kepada Allah. Adapun bacaan doa sebelum masuk kamar mandi, seperti berikut.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  20:41 WIB
Doa Masuk Kamar Mandi dan Adab Buang Hajat Menurut Islam
Pahami, Doa Masuk Kamar Mandi dan Adab Buang Hajat Menurut Islam (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam Islam, segala sesuatu yang dilakukan ada doanya. Tak terkecuali saat hendak masuk ke kamar mandi. Seperti namanya, doa masuk kamar mandi dibacakan sebelum memasuki kamar mandi atau toilet.

Membaca doa sebelum memasuki kamar mandi merupakan etika atau adab yang perlu dilakukan. Lantas, apa doa yang bisa dibacakan saat memasuki kamar mandi? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Doa Masuk Kamar Mandi beserta Artinya

Doa masuk kamar mandi merupakan doa sehari-hari yang sudah diajarkan sejak kita masih kecil. Doa ini termasuk yang mudah dihafalkan. Adapun bacaan doa kamar mandi dan artinya, seperti berikut.

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillâhi Allâhumma innî a’ûdzu bika minal khubutsi wal khabâitsi.

Artinya, "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina".

Adab saat Buang Hajat di Kamar Mandi

Selain membaca doa, Islam juga mengajarkan adab saat buang hajat di kamar mandi. Menurut keterangan di rumaysho.com, berikut beberapa adab saat di dalam kamar mandi menurut ajaran Islam.

1. Tutup diri dan menjauh dari orang lain saat buah hajat

Adab buang hajat yang pertama yaitu menutup diri dan menjauh dari orang lain. Maksudnya menutup diri yaitu tidak membuang hajat di tempat terbuka. Sebaiknya kita membuang hajat pada tempat yang tertutup. Namun jika tidak memungkinkan, kamu bisa buang hajat di tempat jauh dari jangkauan manusia lain.

2. Tidak membawa benda yang ada tulisan nama Allah

Selain menjauhkan diri dari orang lain, adab lainnya saat sedang membuang hajat yaitu tidak membawa sesuai yang bertuliskan nama Allah. Ketentuan ini tertulis dalam Al-Quran surat Al-Hajj atau 32, yang berbunyi;

ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

Artinya; “Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al Hajj: 32)

3. Membaca basmalah dan memohon perlindungan

Adab di dalam kamar mandi berikutnya yaitu membaca basmalah dan meminta perlindungan kepada Allah. Bacaan basmalah bisa ucapkan sebelum memasuki kamar mandi. Namun, jika kamu buang hajat di tanah lapang, ucapan basmalah diucapkan saat melucuti pakaian.

Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi, yang berbunyi;

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِى آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الْخَلاَءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ

“Penghalang antara pandangan jin dan aurat manusia adalah jika salah seorang di antara mereka memasuki tempat buang hajat, lalu ia ucapkan “Bismillah”.

4. Melangkah masuk ke kamar mandi menggunakan kaki kiri

Saat memasuki kamar mandi, kita dianjurkan untuk menggunakan kaki kiri terlebih dahulu dan keluar menggunakan kaki kanan terlebih dahulu. Sedangkan untuk hal-hal yang baik diutamakan mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan tersebut dahulu.

Sebagaimana tertuang dalam hadis Nabi berikut ini.

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap  perkara (yang baik-baik).

Tidak menghadap ataupun membelakangi kiblat
Saat buang hajat, kita tidak diperbolehkan menghadap maupun membelakangi kiblat. Larangan ini berlaku saat buang hajat di dalam maupun luar ruangan.

Itulah penjelasan singkat seputar doa masuk kamar mandi dan adab saat buang hajat yang perlu dipahami dan diamalkan. Dengan menjalankan anjuran tersebut, sama artinya kita sedang berupaya untuk menjalankan perintah agama dengan sebaik mungkin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa KAMAR MANDI islam
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top