Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Lupa, Ini Doa Keluar Kamar Mandi yang Harus Dibaca

Doa keluar kamar mandi harus diucapkan karena bagian dari adab di kamar mandi. Berikut ini bacaan doa saat keluar kamar mandi lengkap dengan artinya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  20:36 WIB
Jangan Lupa, Ini Doa Keluar Kamar Mandi yang Harus Dibaca
Jangan Lupa, Ini Doa Keluar Kamar Mandi yang Harus Dibaca (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi para pemeluk agama Islam, pasti sudah tidak asing dengan doa keluar kamar mandi. Agama Islam mengajarkan banyak kebaikan, bahkan hal-hal sederhana seperti keluar kamar mandi saja ada panduannya.

Selain membaca doa, ada juga adab dalam kamar mandi yang perlu untuk diamalkan. Dengan mengamalkan ajaran Islam tersebut, harapannya Allah meridhai yang kita lakukan.

Lalu, apa bacaan doa keluar mandi dan bagaimana adab selama di dalam kamar mandi? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Doa Keluar Kamar Mandi beserta Artinya

Tak hanya doa masuk kamar mandi, ada juga doa saat keluar kamar mandi. Berikut bunyi bacaan doa keluar kamar mandi dan artinya.

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Artinya, "Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai bagian orang yang bertobat dan jadikanlah aku bagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

Adab di Kamar Mandi

Selain membaca doa, kita juga dianjurkan untuk menjaga etika selama di kamar mandi. Berikut ini beberapa adab di dalam kamar mandi yang perlu dipahami.

1. Masuk menggunakan kaki kiri keluar dengan kaki kanan

Etika di kamar mandi diawali dengan langkah kaki saat masuk ke kamar mandi. Pastikan untuk masuk ke kamar mandi dan keluar dari tempat tersebut menggunakan kaki kiri. Saat masuk dan keluar kamar mandi, pastikan untuk membaca doa yang dianjurkan agar selalu dilindungi Allah SWT.

2. Tidak menghadap atau membelakangi kiblat

Ketika buang air besar atau kecil di dalam kamar mandi, pastikan tidak menghadap atau membelakangi kiblat. Ada dua pendapatan berbeda yang menyikapi anjuran ini. Pendapat pertama menyebutkan bahwa larangan menghadap atau membelakangi kiblat berlaku saat buang hajat di dalam kamar mandi maupun di luar kamar mandi.

Pendapat kedua menyatakan bahwa, menghadap kiblat saat buang hajat di tempat terbuka hukumnya haram. Sedangkan saat di dalam kamar mandi (bangunan tertutup) hukumnya makruh atau boleh.

3. Buang hajat dengan duduk

Adab lainnya saat berada di kamar mandi yaitu buang hajat dengan duduk. Sebaiknya tidak buang air kecil atau besar dengan cara berdiri karena hal tersebut tidak sesuai dengan adab yang diajarkan Islam.

4. Buang hajat sampai tuntas

Ketika buang kotoran, pastikan untuk membuangnya sampai tuntas. Tujuannya, agar tidak ada kotoran yang tersisa. Selain alasan kebersihan, membuang kotoran dengan tuntas juga membuat Anda lebih nyaman.

5. Bersihkan dengan tangan kiri

Seusai membuang hajat, sebaiknya bersihkan bagian tubuh menggunakan air mengalir dan bersihkan menggunakan tangan kiri. Jika tidak ada air, Anda diperbolehkan menggunakan tiga lembar tisu atau tiga buah batu. Apabila dikhawatirkan masih kurang bersih, tisu atau batu yang digunakan bisa diperbanyak asalkan jumlahnya ganjil.

Nah, itulah doa keluar kamar mandi dan adab yang perlu diamalkan selama berada di kamar mandi untuk buang hajat. Dengan mengamalkan hal tersebut berarti kita sudah menjalankan syariat Islam. Harapannya, dengan hal sederhana seperti buang hajat sesuai adab, kita bisa mendapatkan ridha Allah SWT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa KAMAR MANDI islam
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top