Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. /Klikdokter-Shuttlecock
Health

Waspada Terhadap 3 Gejala Diabetes, Ini Kunci Sukses Melawannya

Kahfi
Minggu, 6 November 2022 - 16:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Diabetes atau juga dikenal sebagai ibu dari segala penyakit, merupakan kondisi serius saat kadar glukosa di dalam darah melonjak tinggi.

Hal itu bisa terjadi oleh dua alasan yaitu ketika tubuh tidak mampu lagi menghasilkan atau memproduksi insulin sama sekali. Bahkan, insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas tidak berfungsi efektif sehingga tidak mampu lagi mengontrol kadar gula darah.

Secara umum, diabetes memiliki tiga kategori yaitu tipe 1, tipe 2, dan tipe gestasional. Pada tipe 1, tubuh tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Sedangkan tipe 2, insulin yang dihasilkan tidak efektif atau kurang.

Sedangkan tipe gestasional umumnya dialami oleh wanita yang sedang mengalami kehamilan. Dari ketiga tipe diabetes ini, glukosa tidak lagi dapat masuk ke sel di tubuh, sehingga menumpuk di dalam darah.

dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CHt, FINASIM, mengutarakan ada 3 gejala diabates yang perlu diketahui, salah satu diantaranya adalah sering pergi ke toilet. “Gejala-gejalanya disebut dengan 3P. Pertama yaitu Polifagia yaitu banyak makan, jadinya ya mudah lapar. Kedua, Polidipsia alias banyak minum jadi mudah sekali haus. Lalu, ketiga yaitu Poliuria, alias jadi banyak ke WC atau banyak pipis. Gejala ketiga ini sering banyak sekali terjadi oleh penderita Diabetes, karena disebabkan adanya kebocoran dari urine. Jadi ada gula yang terlalu banyak sehingga turun dan akhirnya keluar di urine”, ujar dr. Jeff dalam perhelatan yang digagas mGanik, dikutip Minggu (6/11/2022).

Jika terjadi komplikasi, dr. Jeff menjelaskan terdapat gejala-gejala yang sering terjadi pada penderita diabetes. Seperti merasa lemas atau sering merasa lelah, dikarenakan adanya perubahan pada masuknya gula darah ke dalam sel tubuh pada penderita diabetes.

Hal tersebut terjadi karena adanya kekurangan atau resistensi serta kelainan pada hormon insulin yang berfungsi memasukkan gula darah ke dalam sel tubuh sehingga menghasilkan energi. Jika tidak ada tindakan lebih lanjut, justru akan menimbulkan komplikasi.

Menanggapi perihal pencegahan komplikasi pada penderita Diabetes, Michael Candiago, Founder mGanik, menjelaskan bahwa perlu melakukan pencegahan sejak dini sehingga tidak mengarah pada risiko tersebut.

“Melakukan diet seimbang akan memungkinkan penderita Diabetes untuk mengelola kadar gula darah serta membantu dalam menjaga berat badan yang sehat juga tambahkan superfood, dalam memenuhi nutrisi harian,” ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro