Kaesang Pangarep/Instagram @kaesangp
Entertainment

599 Petugas Polisi Jaga Rute Lokasi Pernikahan Kaesang-Erina

Taufiq Sidik Prakoso
Kamis, 8 Desember 2022 - 13:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 599 personel Polres Klaten disebar di 283 lokasi untuk pengamanan jalur di wilayah Klaten saat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Jalur itu, bakal dilintasi tamu very very important person (VVIP).

Ratusan lokasi itu berada di sepanjang ruas jalan antara wilayah Kecamatan Prambanan hingga Kecamatan Wonosari.

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, menjelaskan jumlah personel yang disiapkan Polres dalam pengamanan jalur sebanyak 599 orang. Mereka akan disebar di 283 lokasi.

“Dari 599 personel itu dibagi di dua jalur kanan-kiri [Jogja-Solo serta Solo-Jogja] mengantisipasi VVIP, baik yang akan mengarah dari Solo ke Jogja maupun sebaliknya. Mereka akan disebar di 283 titik baik itu di persimpangan gang-gang yang mengarah ke jalur utama, U turn, atau median jalan tidak ada penutupnya,” kata Kapolres seusai apel gelar pasukan di Mapolres Klaten, Kamis (8/12/2022).

Kapolres menjelaskan penempatan ratusan petugas itu ditujukan membantu kelancaran arus lalu lintas tamu VVIP maupun aktivitas warga. Ratusan petugas itu ditempatkan di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan mulai Kamis-Minggu (8-11/12/2022). Guna memastikan kesiapan personel, Polres melakukan gelar pasukan, Rabu pagi.

“Hari ini kami mengecek kesiapan, termasuk sarana dan prasarana mengingat cuaca tidak menentu. Mulai dari perlengkapan senter, jas hujan, serta alat komunikasi,” ungkap dia.

Pengamanan jalur itu bakal dibantu 100 personel dari Kodim 0723/Klaten serta 50 personel dari Dishub Klaten. Selain itu petugas menyiagakan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dan tiga unit mobil derek.

“Ambulans juga sudah siap semua,” kata dia.

Selama pengamanan jalur, Polres Klaten mendapatkan back up personel dari Brimob serta Sabhara.

“BKO dari Brimob 1 SST [satuan setingkat peleton] dan Sabhara ada 1 SST. Mereka akan membantu patroli pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Back up personel ini bukan karena kejadian di Astana Anyar [bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung]. Jadi patroli Harkamtibmas yang selama ini di handle Polsek akan diganti dengan BKO selama proses pengamanan jalur,” ungkap dia.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Sugiyanto, mengatakan tak ada pengalihan arus lalu lintas selama pengamanan jalur berlangsung. Truk pengangkut material galian C maupun kendaraan lainnya bisa beraktivitas seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro