Remy Sylado
Entertainment

Profil Remy Sylado Sastrawan Pelopor Puisi Mbeling yang Meninggal Hari Ini

Rendi Mahendra
Senin, 12 Desember 2022 - 15:12
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Remy Sylado yang dikenal sebagai novelis dan sastrawan Tanah Air dilaporkan meninggal dunia oleh anggota DPR, Fadli Zon.

Melalui akun Twitter-nya, Fadli Zon melaporkan bahwa pria yang bernama lengkap Japi Panda Abdiel Tambajong itu meninggal dunia.

"Selamat jalan Bang Remy Sylado. Baru beberapa hari lalu ngobrol tentang Elvis Presley dan manajernya Kolonel Tom Parker. RIP," kata Fadli melalui akun Twitter, @fadlizon dikutip Bisnis.com Senin, 12 Desember 2022.

Remy Sylado merupakan sastrawan besar Indonesia, ia juga dikenal sebagai pelopor Puisi Mbeling yang dicetuskan pada tahun 1971.

Buku puisi Remy Sylado yang menggambarkan tentang gerakan Puisi Mbeling itu diterbitkan dengan judul Puisi Mbeling pada 2004.

Profil Remy Sylado

Pria yang populer dengan nama Remy Sylado itu lahir di Makasar, 12 Juli 1945. Profesinya membentang mulai dari sastrawan, novelis, penulis, dosen, aktor, hingga penyanyi.

Seniman yang meninggal pada usia 77 tahun itu menghabiskan masa kecil hingga remaja di Semarang dan Solo.

Kemudian pada tahun 1965, Remy memulai karirnya sebagai wartawan di majalah Tempo. Sedangkan pada 1970, ia menjadi redaktur di majalah Aktuil.

Dalam masa itu, Remy juga sibuk menulis puisi, cerpen, novel, kritik, drama, kolom, roman, hingga buku-buku musikologo.

Sedangkan karirnya sebagai aktor, ia pernah tampil di beberapa film di antaranya Tinggal Sesaaat Lagi (1986), Akibat kanker Payudara (1987), dan 2 dari 3 Laki-Laki (1989).

Tak hanya itu, ia juga tercatat pernah mengajar di Institut Teater dan Film, Sekolah Tinggi Teologi, dan Akademi Sinematografi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro