Persahabatan pria dan perempuan
Relationship

Ini 13 Tips Menjalin Persahabatan Pria dan Perempuan Tetap Lancar

Novita Sari Simamora
Senin, 16 Januari 2023 - 14:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Persahabatan pria dan perempuan tanpa komitmen untuk menjalin hubungan yang serius sering sekali menjadi kompleks. Model hubungan platonis ini memiliki kepercayaan, keyakinan, dan kesetiaan tanpa perasaan romantis satu sama lain.

Menurut Plato, cinta berkembang dengan baik secara seksual maupun non-seksual. Dalam cinta platonis, pikiran dan jiwa seseorang mengarahkan energinya ke arah spiritualitas. Sederhananya, teman platonis adalah mereka yang Anda percayai dan cintai. Bisa disebut, belahan jiwa, tetapi tidak romantis.

Tidak ada aturan tegas bahwa orang yang memiliki ikatan platonis tidak dapat memiliki perasaan romantis atau seksual satu sama lain. Pada titik tertentu, satu atau kedua orang mungkin mulai berpikir untuk berkencan.

Kesamaan dari hubungan platonis dan romantis adalah keduanya melibatkan tingkat hubungan timbal balik dan persahabatan yang mendalam. Dalam hubungan romantis, kedua orang mendambakan keintiman fisik dan sering terlibat di dalamnya. Di sisi lain, meskipun teman platonis menginginkan keintiman fisik, mereka tidak terlibat di dalamnya. Inilah perbedaan antara cinta romantis dan cinta platonis.

Simak 13 aturan dalam persahabatan platonis bagi pria dan perempuan:

1. Tetapkan Batasan yang Sehat

Dalam hubungan apa pun, menetapkan batasan yang sehat penting untuk menghindari memberikan sinyal yang salah kepada orang lain. Penting untuk menghindari pemicu yang mungkin mengarah pada percintaan.

Misalnya, jika Anda berencana untuk menonton film larut malam di rumah teman Anda, pikirkan kembali karena siapa yang tahu ke mana arahnya? Tetapkan batasan agar Anda dapat menghindari situasi yang dapat mengobarkan romansa di antara Anda berdua.

2. Berlatih Rasa Hormat

Bersikap hormat adalah kunci untuk menjaga hubungan yang sehat. Sering kali terlihat bahwa orang tidak nyaman dengan teman lawan jenis pasangannya. Namun di zaman sekarang ini, hampir tidak mungkin untuk tidak memiliki teman yang dekat dengan Anda.

Jangan lupa untuk memberikan arti pentingnya kekasih Anda saat Anda bersama teman platonis Anda. Pada saat yang sama, Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan teman Anda merasa nyaman berada di dekat pasangan Anda. Jangan melakukan apa pun yang akan membuat pasangan Anda merasa cemburu.

3. Jangan Berperilaku Berbeda di Sekitar Satu Sama Lain

Salah satu aturan untuk hubungan platonis adalah menjadi diri sendiri bersama teman Anda. Maksudnya, jika teman Anda laki-laki, Anda tidak boleh berperilaku berbeda dengan berdandan untuknya atau berusaha keras untuk membuatnya terkesan.

Demikian pula, jika teman Anda seorang wanita, Anda tidak perlu membawakannya hadiah mahal dan melakukan hal-hal khusus untuknya. Ini mungkin memberi petunjuk bahwa Anda condong ke arah hubungan romantis, dan membuat ikatan Anda berantakan. Jangan berlebihan!

4. Dilarang Liburan Berdua

Melakukan perjalanan bersama teman memang selalu menyenangkan dan mendebarkan. Dalam hiruk pikuk kehidupan sehari-hari, mengunjungi suatu tempat dapat membantu Anda menghilangkan kebosanan dan menikmatinya. Namun pergi berlibur bersama teman bisa menciptakan situasi yang membuat Anda merasa bergairah satu sama lain.

5. Hindari Sexting

Sexting adalah hal yang cukup umum untuk dilakukan saat berada dalam suatu hubungan tetapi tidak besar untuk hubungan platonis. Percakapan seksual apa pun harus dihindari dengan teman.
Tidak masalah jika Anda melakukannya sebagai lelucon atau hanya untuk bersenang-senang. Misalnya, Anda tidak boleh membicarakan fantasi seksual, keinginan, dll. Dengan seseorang yang memiliki hubungan platonis dengan Anda.

6. Katakan Tidak untuk Menggoda

Banyak orang mungkin menganggap menggoda itu tidak berbahaya, dan sedikit saja tidak dapat menyebabkan kekacauan dalam persahabatan Anda. Tapi sebenarnya menggoda bisa lebih berbahaya daripada kebaikan. Jika Anda mulai memberikan sinyal untuk menunjukkan bahwa Anda mungkin tertarik pada teman Anda, dia mungkin takut karena mengira ini tiba-tiba atau mungkin membalas perasaannya kepada Anda.

7. Hindari Manipulasi

Jika Anda telah mengembangkan perasaan terhadap teman Anda, Anda harus berkomunikasi dengan jelas dengannya. Jangan memanipulasi mereka dengan mencoba membuat mereka cemburu, atau melakukan sesuatu untuk menarik perhatian mereka. Itu mungkin merusak persahabatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro