Telur asin/abwaba.com
Health

Mantap! Ini 10 Manfaat Telur Asin, Oleh-oleh Khas Brebes

Ileny Rizky
Jumat, 27 Januari 2023 - 10:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Telur asin adalah makanan olahan yang memiliki cita rasa yang unik. Meskipun asin, makanan ini menjadi salah satu makanan yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Telur asin biasanya dibuat dari telur bebek.

Telur asin dikenal sebagai oleh-oleh atau penganan khas di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Siapa sangka, berkaca dari sejarah pembuatannya, ternyata telur asin ini mulanya berasal dari tradisi Tionghoa. Telur asin dulunya hanya disajikan untuk ritual sembahyang kepada Dewa Bumi oleh warga keturunan Tionghoa.

Etnis Tionghoa di masa lalu seringkali mengawetkan bahan makanan, termasuk telur. Warga keturunan Tionghoa atau peranakan Tionghoa selalu mengawetkan bahan makanan sebelum mereka akan bepergian jauh. Makanan ini akan dijadikan sebagai bekal. Tidak hanya telur, berbagai jenis makanan lainnya juga diasinkan agar awet.

Dilansir dari Drhealthbenefit, Sabtu (27/1/2023) adapun kandungan yang terdapat di dalam telur asin adalah:

– 9 gram protein

– 9,6 gram lemak

– 472 unit internasional vitamin A

– 3,8 mikrogram vitamin B-12

– 2,7 miligram zat besi

– 25,5 mikrogram selenium

– 619 miligram kolesterol

– 165 mg potasium

– 397 mg natrium

– 1,08 gram karbohidrat

Tak hanya itu, fakta yang menunjukkan bahwa telur asin memiliki banyak kalori dan lemak, tetapi telur asin juga mengandung protein yang tinggi, ini berarti telur asin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaatnya?

1. Menutrisi Kulit

Tidak hanya mengandung vitamin A dan B saja, telur asin juga mengandung vitamin E yang mampu menutrisi kulit, melindungi kulit dari jamur dan lainnya.

Hasil studi menyimpulkan bahwa vitamin E sangat baik untuk mencerahkan kulit dan menghaluskan kulit. Selain itu, vitamin E juga akan melindungi kulit agar terhindar dari berbagai masalah seperti iritasi, gatal-gatal, ruam, dan lain-lain.

2. Meningkatkan Massa Otot

Telur asin yang kaya akan kandungan protein menjadikannya sangat bermanfaat untuk meningkatkan massa otot pada tubuh. Protein mampu membangun dan membentuk massa otot sehingga menjadi lebih padat dan kuat.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Tak hanya berkhasiat untuk membentuk massa otot, protein di dalam telur asin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Protein yang terkandung dalam telur asin merupakan protein hewani. Hasil penelitian menyebut bahwa jenis protein ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Telur asin mengandung vitamin A, Salah satu manfaat vitamin A yang paling terkenal adalah dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga telah terbukti mampu melindungi mata dari kerusakan sel dan menjaga penglihatan agar tetap tajam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro