Orang sedang mengecek kadar gula darah untuk diabetes/freepik
Health

Gula Darah Tinggi? Inilah 5 Cara Cegah Diabetes

Elsa Hayati Sukma
Sabtu, 18 Februari 2023 - 15:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gula darah tinggi atau Hiperglikemia menjadi salah satu ciri khas terjadinya Diabetes. Diabetes terjadi karena kekurangan insulin dan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin dengan benar. 

Gula darah tinggi umumnya berada diatas 180 mg/dl, jika tidak diobati dapat mengancam kesehatan jiwa seperti  ketoasidosis diabetik, atau DKA atau lebih sering terjadi pada orang dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. 

Dalam jangka panjang gula darah tinggi menyebabkan komplikasi yaitu penyakit jantung, stroke, kerusakan gigi, saraf, serta masalah kesehatan mata.

Simak gejala gula darah tinggi:

  1. Merasa haus
  2. Merasa lapar
  3. Sering buang air kecil
  4. Merasa lelah
  5. Penglihatan buram
  6. Mengalami luka-luka yang lama sembuhnya
  7. Mengalami infeksi pada tubuh
  8. Mengalami sakit kepala
  9. Mati rasa atau sering kesemutan di tangan maupun kaki. 

Langkah untuk mencegah gula darah tinggi dan cegah diabetes:

1. Minum obat diabetes diminum sesuai petunjuk dokter

Jika dirasa diabetes cukup tinggi segera pergi ke Dokter agar diberikan obat dan diminum sesuai anjuran untuk mengurangi rasa sakit serta nyeri pada bagian tubuh akibat diabetes.

2. Perhatikan asupan makanan dan karbohidrat 

Makanan yang berkarbohidrat menjadi makanan yang sering dikonsumsi salah satunya nasi, roti, sereal, pasta yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Maka dari itu pentingnya mengatur pola makan, hindari makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak serta perbanyak makan buah dan sayur. 

3. Mengontrol emosi 

Marah dan stres menjadi salah satu penyebab tingginya kadar gula darah. Tubuh merespon dan melepaskan hormon stress untuk melawan sehingga membuat gula darah anda meningkat. Mengontrol emosi itu penting bagi tubuh anda dan tidur yang cukup mampu meredakan emosi serta makan makanan yang sehat dapat membantu menurunkan gula darah yang tinggi. 

4. Konsisten dengan aktivitas fisik

Olahraga penting untuk mengurangi kadar gula darah tinggi. Saat tubuh aktif sel-sel lebih sensitif terhadap insulin. Ini berarti insulin bekerja dengan baik dan membantu memindahkan glukosa dari aliran darah kedalam sel untuk digunakan sebagai energi. 

5. Fokus menurunkan Hiperglikemia pagi hari 

Hiperglikemia merupakan saat gula darah tinggi yang terjadi setelah tidak makan selama 8 jam. Gula darah pagi dapat meningkat karena beberapa faktor. Pertama, pelepasan kortisol dan hormon pertumbuhan dalam semalam dan memberikan sinyal pada hati untuk melepaskan glukosa. Kedua, gula darah terlalu rendah dalam semalam yang mengakibatkan glukosa meningkat.

Terdapat beberapa faktor penyebab Hiperglikemia atau gula darah tinggi yang dapat terjadi.  Pantau gula darah anda dengan menjaga pola makan, emosi serta olahraga agar gula darah tidak meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro