Ilustrasi kartu ucapan Selamat Idulfitri/Freepik
Travel

Jadwal Tanggal Lebaran 2023 di Berbagai Negara

Salma Permata Dewi
Kamis, 13 April 2023 - 19:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Umat Islam sedang menjalankan kewajiban ibadah puasa di bulan Ramadan selama satu bulan ini.

Akhir bulan Ramadan ditandai dengan hari raya Idulfitri yang akan dirayakan oleh semua umat Islam di seluruh dunia.

Melansir Bisnis, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib mengatakan bahwa posisi hilal pada Kamis (20/4/23) masih berada di ketinggian antara 1 hingga 2 derajat di atas ufuk dengan sudut elongasi di bawah 3 derajat sehingga memungkinkan terjadinya perbedaan penetapan Syawal 1444H atau Hari Raya Idulfitri.

Oleh karena itu, Kemenag baru akan menggelar sidang isbat pada Kamis (20/4/23). Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah resmi menetapkan 1 Syawal 1444 H pada Jumat (21/4/23).

Adapun jadwal hari lebaran 2023 di berbagai negara adalah sebagai berikut.

1. Wilayah di Timur Tengah

Pusat Astronomi Internasional telah mengumumkan, seperti yang dilansir dari Gulf News, bahwa negara-negara Islam diperkirakan akan melihat bulan sabit Syawal pada Kamis (20/4/23) yang kemungkinan menjadi akhir Ramadan.

Sebagian besar negara Islam dapat mengumumkan awal Syawal pada hari berikutnya, yakni Jumat (21/4/23), sebagai hari pertama Idulfitri. Tanggal pasti Idulfitri ditentukan oleh penampakkan bulan sabit yang menandai akhir dari periode puasa dan refleksi spiritual selama sebulan bagi umat Islam di seluruh dunia.

2. Inggris

Menurut Islamic Relief yang dilansir dari inews.co.uk, Idulfitri kemungkinan besar akan dirayakan di Inggris pada Jumat (21/4/23). Bulan Ramadan dapat berlangsung selama 29 atau 30 hari tergantung pada penampakan bulan sabit baru yang menandakan awal bulan Syawal.

3. Amerika Utara

Fiqh Council Amerika Utara menetapkan 1 Syawal 1444 H atau hari raya Idulfitri pada Jumat (21/4/23) yang dilakukan dengan perhitungan astronomis. Mereka mengatakan bahwa bulan baru astronomi jatuh pada Kamis (20/4/23) pukul 4:12 UT (waktu universal).

4. Korea Selatan

Idulfitri 2023 atau 1 Syawal 1444 H di Korea jatuh pada Kamis (20/4/23). Hari Raya ini tepatnya dimulai pada Kamis (20/4/23) malam dan akan berlanjut hingga Jumat (21/4/23) malam. Tanggal tersebut untuk wilayah Busan, Seoul, Goyang, Gwangju, Seongnam, Suigen, Taegu, Taiden, Ulsan, Tsche Mul P Ho, dan lainnya.

5. India

Idulfitri di India diperkirakan jatuh pada Jumat (21/4/23) atau Sabtu(22/4/23) tergantung dengan hilal yang terlihat. Penentuan tanggal hari raya Idulfitri tergantung pada terlihatnya hilal (sehari setelah hilal). Dengan demikian, proses penentuan tanggal Idulfitri hanya bisa dilakukan di bawah penutup malam. Jika bulan sabit tidak terlihat, Ramadan berlanjut untuk hari lain.

Walaupun kemungkinan besar tidak semua umat Islam akan merayakan Idul Fitri 2023 bersamaan, kita sebagai Muslim harus saling menghargai perbedaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro