Film Dragon Ball
Entertainment

Ini Daftar Film Jadul, Ada Sailor Moon, Dragon Ball, dan Chibi Maroko Chan

Salma Permata Dewi
Rabu, 24 Mei 2023 - 08:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tontonan film kartun jaman dulu, sekitar tahun 1990 hingga 2000-an, sangat beragam. Kartun dari banyak negara, terutama Jepang dan Amerika, masuk ke kanal TV nasional di Indonesia.

Beberapa kali warganet mengutarakan kerinduan mereka terhadap kartun-kartun masa kecil mereka di media sosial. Salah satunya adalah Chibi Maruko-chan yang sempat masuk ke trending Twitter hari ini, Selasa (23/5/23).

Berikut beberapa tontonan kartun yang sempat tayang di Indonesia:

1. Sailor Moon

Animasi asal Jepang yang merupakan adaptasi komik ini pernah ditayangkan di TV nasional. Serial ini pertama kali rilis di Jepang pada 1992. Sailor Moon masih dikenal sampai sekarang karena beberapa merchandise, seperti figurin, masih dijual di beberapa toko mainan dan e-commerce.

Sailor Moon menceritakan aksi heroik superhero perempuan dengan bumbu sihir. Serial ini menceritakan seorang gadis SMP, Usagi, yang tiba-tiba didatangi kucing yang bisa berbicara bernama Luna. Setelah itu, Usagi mendapatkan kemampuan sihir untuk melawan kejahatan. Lalu, gadis-gadis ‘Sailor’ lainnya mulai bermunculan dan melakukan aksi bersama.

film Sailor Moon
film Sailor Moon

2. Chibi Maruko-chan

Sama seperti Sailor Moon, animasi ini merupakan adaptasi dari komik. Chibi Maruko-chan bercerita mengenai tentang keluarga Sakura. Pemeran utama dari serial ini adalah anak SD bernama Maruko.

Maruko Sakura adalah siswa sekolah dasar muda yang tumbuh bersama orang tua, kakek nenek, dan kakak perempuannya. Saat Maruko tumbuh dewasa dan mempelajari cara-cara dunia, dia dan teman-temannya mengalami berbagai kesulitan, tetapi dengan kecerdikan Maruko dan bantuan kakeknya, mereka biasanya menemukan jalannya.

film jadul chibi maruko chan
film jadul chibi maruko chan

3. Dragon Ball

Serial Dragon Ball juga merupakan salah satu serial kartun adaptasi komik yang menemani anak-anak tahun 1990 hingga 2000-an. Genre pada serial ini adalah aksi petualangan pemeran utamanya, Goku.

Pejuang muda bernama Son Goku merupakan seorang bocah laki-laki aneh dengan ekor memulai pencarian untuk menjadi lebih kuat dan mempelajari Dragon Ball. Setelah semua 7 bola naga dikumpulkan, itu dapat mengabulkan keinginan apa pun. Sepanjang jalan dia mendapat banyak teman baru dan musuh. Dia berlatih untuk menjadi petarung terkuat di dunia.

dragon ball
dragon ball

4. Rugrats

Serial Amerika ini tayang di kanal TV kabel, Nickelodeon. Selain itu, Rugrats juga pernah tayang di TV nasional, seperti ANTV (dulunya ANteve), Trans 7 (dulunya TV7), TvOne (dulunya Lativi), dan Global TV.

Rugrats menceritakan tentang 4 anak, Tommy Pickles, Chuckie Finster, Phil, dan Lil Deville. Mereka bisa berbicara padahal masih bayi. Orang tua tidak mengetahui hal-hal yang mereka lakukan. Keempat anak tersebut menghadapi hal-hal dalam hidup yang tidak mereka mengerti.

film rugrats
film rugrats

5. Ninja Hattori

Ninja Hattori atau Ninja Cilik Hattori merupakan serial animasi adaptasi komik yang dibuat oleh Fujiko Fujio, komikus yang juga membuat Doraemon. Ninja Hattori menggunakan latar Jepang modern dan dibumbui dengan budaya zaman dahulu.

Menceritakan mengenai Hattori, seorang bocah ninja, yang berasal dari pegunungan Iga menjadi bagian dari keluarga Mitsuba bersama saudaranya Shinzo dan anjing ninjanya. Hattori membantu Kenichi dengan masalahnya dan terus mengawasinya sebagai teman baik.

film ninja hatori
film ninja hatori

6. Petualangan Hachi si Lebah Madu

Salah satu tontonan lawas yang populer adalah Petualangan Hachi. Kartun ini termasuk kartun terlama. Serial Hachi ini dirilis di Jepang pada 1970. Kartun ini pada dasarnya adalah petualangan Hachi mencari ibunya.

Cerita dimulai dengan sarang ratu lebah yang diserang dan dihancurkan oleh pasukan tawon sehingga membunuh hampir semua lebah di dalamnya dan tawon-tawon memakan telur lebah. Ratu lebah terpaksa melarikan diri. Sebutir telur terselamatkan dari pembantaian yang mengerikan dan tersembunyi di bawah daun. Telur ini kemudian ditemukan dan dirawat oleh seekor lebah betina, pelayan ratu. Setelah menetas, lebah itu dinamai sebagai Hachi.

film hachi lebah sebatang kara
film hachi lebah sebatang kara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro