Desa wisata Sukarame
Travel

Potensi Desa Wisata Sukarame, yang Punya Pantai Unggulan

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 19 Agustus 2023 - 15:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia memiliki banyak desa wisata yang tersebar di berbagai pelosok, salah satunya desa Sukarame.

Desa wisata Sukarame adalah 1 dari 50 desa diseluruh Indonesia yang mendapat anugrah Desa wisata Indonesia terbaik.

Desa wisata Sukarame merupakan salah satu tujuan wisata yang terletak di Banten karena keindahan pantainya.

Selain memiliki pantai, Desa Wisata Sukarame juga memiliki hutan, air terjun, sungai, persawahan dan perkebunan serta menjadi tempat rehabilitasi terumbu karang yang ada di kecamatan Carita.

Desa Wisata Sukarame terletak di ujung barat Provinsi Banten yang menjadi unggulan tujuan Wisata Pantai.

Selain memiliki Pantai Desa Wisata sukarame juga memiliki hutan,air terjun,sungi,pesawahan dan perkebunan. juga sebagai Rehabilitasi Trumbu Karang yang ada di kecamatan Carita.

Dan satu hal yang menarik di Desa Wisata Sukarame memiliki  tujuan minat wisata khusus yaitu, Birding Tour atau wisata pengamatan burung yang terletak di Hutan Carita yang meliputi lebih dari 50 ha .

Karena letaknya berhadapan langsung dengan selat sunda, Sukarame juga memiliki tujuan wisata sejarah yang ada relasi nya dengan kejadian tsunami Gunung api krakatau 1883.

Di samping itu Sukarame memiliki 2 pantai tujuan utama di pantai carita. Yaitu pantai Karang sari dan pantai Sea park Perum perhutani.

Padu padan atraksi Budaya yang dimemiliki ( dzikir saman) menambah hazanah pengayaan ragam Budaya sebagai salah satu keunikan dan daya tarik wisata.

Melihat potensi wisatanya yang besar, IdSurvey dan Relawan Bakti BUMN meningkatkan literasi digital masyarakat di Desa Wisata Sukarame.

Sinung Triwulandari, Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT Biro Klasifikasi mengatakan ada 100 relawan dalam literasi itu yang terpilih dari 8.096 pendaftar.

Relawan mengajarkan penggunaan aplikasi PaDi UMKM kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat dan memberikan pelatihan kepada Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) mengenai promosi wisata secara digital di sosial media.

"Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan telah disusun berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan masyarakat setempat sehingga dapat merasakan manfaat secara langsung seperti edukasi kepada UMKM, pemberian bantuan laptop, dan kegiatan transplantasi terumbu karang” ujarnya.

Pada tahun 2022, IDSurvey telah melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang dalam upaya Budidaya Anemon dan Ikan Nemo. Kehadiran IDSurvey di Desa Wisata kali ini bukan hanya untuk berkontribusi terhadap isu lingkungan, namun juga akan berkontribusi untuk pendidikan dan peningkatan UMKM di Desa Sukarame, yang merupakan nominasi 50 desa wisata terbaik untuk wisata Indonesia bangkit di tahun 2021.

Kegiatan Bakti Relawan batch IV di Desa Sukarame mampu berkontribusi terhadap nilai omzet penjualan diatas lima juta rupiah dalam 3 hari penjualan untuk produk Keripik Pisang, Patung Badak, Emping Melinjo, Kerajinan Bambu dan produk Kerajinan Lampu Kerang yang merupakan produk unggulan UMKM sekitar.

Juga dilakukan kegiatan Konservasi Ekosistem Pesisir dengan melakukan tranplantasi terumbu karang. Diharapkan kedepannya, kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas kehidupan biota laut dan mendorong pariwisata Desa Sukarame. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro