Kulkas/Istimewa
Entertainment

Ini Pertanda Waktunya Anda Mengganti Kulkas di Rumah

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Sabtu, 28 Oktober 2023 - 03:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Cuaca panas berlebih dapat membuat makanan yang disimpan di dalam lemari pendingin alias kulkas lebih cepat membusuk terutama untuk makanan segar seperti buah, sayuran, dan daging.

General Manager of Home Appliances Polytron Albert Fleming mengatakan salah satu upaya untuk menjaga makanan agar tetap segar selama cuaca panas adalah dengan mengatur suhu tempat penyimpanan 

“Sistem pendinginan yang canggih dengan cooling engine yang menyebarkan dingin dari berbagai arah akan memastikan makanan dan minuman tetap dalam kondisi terbaik.” kata Albert saat ditemui di Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Namun, seiring berjalannya waktu kulkas akan mengalami penurunan fungsi sehingga perlu diganti yang baru.

Salah satu tanda perlu mengganti kulkas adalah suhu yang sudah tidak dingin lagi karena berpotensi menimbulkan bau dan membuat makanan cepat busuk.

Selain itu, tingkat konsumsi listrik yang boros juga menjadi pertanda kulkas perlu diganti. Hal ini lantaran kulkas generasi terbaru sudah memiliki fitur hemat energi atau inverter.

Berikut 5 tanda waktunya Anda mengganti kulkas dilansir dari thekitchn

1. Ada kondensasi (atau embun beku!).

Jika lemari es Anda berkeringat, mungkin ada sesuatu yang tidak beres. Semua lemari es harus bekerja untuk menjaga keseimbangan antara panas dan dingin, namun lemari es tidak boleh bekerja terlalu keras (atau terlalu sedikit) sehingga tetesan air terbentuk di seluruh bagian luarnya.

Hal yang sama berlaku untuk kondensasi di dalam lemari es atau bahkan embun beku di dalam freezer atau di bagian luar pintu. Namun jangan panik – ini mungkin hanya masalah kecil.

2. Motor terus berjalan — dan Anda dapat mendengarnya.

Motor lemari es Anda tidak harus selalu bekerja dengan kecepatan maksimal. Hal ini karena, pada umumnya, tidak perlu mengatur dan mengatur ulang suhu secara terus-menerus — kecuali pintunya sering dibuka dan ditutup. Jika motor Anda selalu berjalan dan berjalan, Anda harus meminta bantuan seorang profesional untuk melihat (dan mendengarkan).

3. Panas saat disentuh

Ya, Anda akan selalu merasakan panas yang berasal dari bagian belakang lemari es — itu wajar saja, dan itu berarti sistem ventilasi berfungsi.

Namun karena kumparan harus diisolasi, jumlah panas yang berlebihan tidak biasa terjadi. Hubungi ahlinya untuk mengetahui apakah lemari es hanya memerlukan gulungan baru atau ada masalah yang lebih besar.

4. Makanan Anda menjadi busuk lebih cepat dari yang seharusnya.

Kulkas memiliki satu tugas: menjaga makanan tetap dingin. Jika temuan di pasar petani Anda rusak lebih cepat dari biasanya atau Anda menyadari butuh waktu lebih lama untuk mendinginkan sebotol anggur putih, ada masalah.

Kulkas Anda mungkin menggunakan lebih banyak energi daripada yang seharusnya, yang berarti Anda membuang-buang energi dan menghabiskan lebih banyak energi daripada yang diperlukan untuk tagihan listrik Anda. Tentu saja, membayar uang tunai untuk membeli lemari es baru akan terasa menyakitkan pada awalnya, namun Anda akan berhenti membuang-buang uang untuk makanan basi atau tagihan listrik yang terlalu mahal.

5. Sudah tua

Ini mungkin tampak boros, tetapi jika Anda memiliki lemari es lama, Anda sebenarnya dapat menghemat uang dengan beralih ke model yang lebih baru. Peningkatan efisiensi lemari es setiap tahun berarti tagihan energi Anda mungkin berkurang setengahnya jika Anda beralih ke model yang lebih baru dan lebih efisien. Berapa umur yang terlalu tua? Di masa lemari es, Anda mungkin ingin mulai mencari yang baru jika umur Anda antara 10 dan 20 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro