Ilustrasi madu yang ternyata bermanfaat sebagai obat alternatif/Freepik.com
Health

7 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Maretha Uli Hutagalung
Selasa, 15 Agustus 2023 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lemari pendingin atau kulkas adalah salah satu benda esensial di dapur. Kulkas berfungsi untuk mendinginkan makanan agar tetap segar dan bisa bertahan lebih lama. Namun, tidak semua jenis makanan bisa disimpan di kulkas.

Menyimpan makanan dalam kulkas adalah cara efisien untuk menjaga persediaan tetap awet untuk waktu yang lebih lama. Menggunakan kulkas juga akan membuat Anda lebih hemat.

Selain bahan makanan yang belum diolah, makanan sisa juga bisa disimpan di kulkas untuk dikonsumsi di lain waktu.

Namun, tidak semua jenis bahan makanan dapat disimpan dengan cara yang sama.

Setiap makanan memiliki bentuk dan tekstur yang berbeda-beda. Selain itu, beberapa makanan lebih cepat basi dibanding makanan lainnya.

Beberapa jenis bahan makanan segar juga tidak cocok berada di ruangan bersuhu dingin. Menyimpan beberapa jenis buah dan umbi-umbian di kulkas justru akan merusak kualitas dan rasanya.

Di samping suhu tempat penyimpanan, makanan juga harus disimpan di tempat yang bersih agar terhindar dari kontaminasi kotoran dan bakteri.

Untuk itu, Anda perlu memahami beberapa jenis bahan makanan yang lebih baik disimpan di luar kulkas Anda.

Dilansir dari berbagai sumber (15/8/2023), berikut daftar makanan yang tidak perlu disimpan di kulkas.

1. Tomat

Suhu rendah justru akan membuat tomat lebih cepat lembek dan akhirnya busuk. Tomat bisa disimpan di suhu ruangan dan akan bertahan selama beberapa hari.

2. Bawang Putih dan Merah

Kedua jenis bawang ini akan lebih segar jika berada di tempat kering dan terkena udara. Oleh sebab itu, hindari menyimpan bawang di kulkas yang lembab dan tertutup.

3. Pisang

Menyimpan pisang di kulkas akan membuat kulitnya cepat menghitam dan buahnya akan menjadi lebih lembek karena proses pematangannya yang semakin cepat. Biarkan pisang disimpan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara bagus.

4. Madu

Karakteristik madu yang kental akan mudah membeku dan mengkristal jika dimasukkan ke dalam kulkas. Sebaiknya madu disimpan di suhu ruang dan dalam wadah yang tertutup rapat untuk menjaga kualitas dan menghindari semut.

5. Alpukat

Alpukat biasanya dibeli dalam keadaan belum matang sempurna. Jika Anda menyimpannya di kulkas, alpukat akan matang lebih lama. Selama belum matang, sebaiknya buah ini disimpan di suhu ruang. Jika alpukat sudah matang dan belum akan dikonsumsi, Anda bisa menyimpannya di kulkas agar tidak segera busuk.

6. Kentang

Suhu dingin bisa mengubah pati kentang menjadi gula. Oleh sebab itu, menyimpan kentang di dalam kulkas akan mempengaruhi rasanya. Kentang sebaiknya disimpan di tempat sejuk dan gelap yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

7. Roti

Roti yang disimpan di kulkas akan lebih cepat kering dan basi. Roti sebaiknya disimpan di suhu ruang di dalam wadah yang tertutup dan kedap udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro