Film Toba Dreams kaya TB Silalahi
Entertainment

Mengenang Karya TB Silalahi di Dunia Perfilman

Redaksi
Selasa, 14 November 2023 - 18:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Eks Wantimpres era Presiden SBY, Letnan Jenderal TNI Purn. Tiopan Bernhard Silalahi alias TB Silalahi meninggal dunia pada Senin (13/11/2023) malam di usia 85 tahun.

Lulusan Akademi Militer Nasional (AMN) tahun 1961 ini memiliki jabatan terakhir di militer adalah Asisten I Kasad dengan pangkat Mayor Jenderal, tahun 1988. 

Pada masa Pemerintahan Presiden Soeharto (1993), Kabinet pembangunan VI, dia mendapat kepercayaan menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan pangkatnya dinaikkan menjadi Letnan Jenderal TNI.

Tahun 2004, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengangkat TB Silalahi menjadi penasehat presiden yang kemudian pada tahun 2006 menjadi Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah dan pada tahun 2007 diangkat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dalam bidang pertahanan dan keamanan.

TB Silalahi juga pendiri dan anggota Dewan Pembina Yayasan Soposurung yang mendirikan dan mengelola sebuah sekolah unggulan di Balige, Sumatera Utara. Ia mendirikan Yayasan Soposurung, berupa sebuah asrama yang menampung pelajar lulusan SMP yang terpilih melalui seleksi yang ketat untuk melanjutkan pendidikan di jenjang SMA. 

Selain itu, TB Silalahi juga memiliki karya-karya dalam perfilman Indonesia dengan memproduksi beberapa film melalui rumah produksinya sendiri. TB Silalahi Center sebagai Rumah Produksi TB Silalahi telah memproduksi berbagai filmnya sebagai berikut : 

1. Toba Dreams

Toba Dreams adalah sebuah film Indonesia yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan T.B. Silalahi. Film ini berlatar belakang tentang kisah cinta yang terlalu mencintai. Cinta yang kadang tersesat dalam menemukan kebenaran.

Seperti Sersan Mayor Tebe yang mendidik anak-anaknya layaknya pasukan tempur karena cintanya yang luar biasa kepada mereka. Maka ketika Ronggur, anak sulungnya menjadi pemberontak dalam keluarga, terjadilah konflik mendalam antara ayah dan anak. 

Cerita unik yang diciptakan TB Silalahi ini berhasil membawa Toba Dreams pada penghargaan dan nominasi beberapa event besar  yakni Festival Film Indonesia 2015, Festival Film Bandung 2015 dan Indonesia Movie Actors Awards 2016. 

2. Pasukan Garuda : I Leave My Heart In Lebanon

Pasukan Garuda: I Leave My Heart in Lebanon adalah sebuah film drama Indonesia oleh diproduksi oleh rumah produksi TB Silalahi Picture dengan sutradara Benni Setiawan dan TB Silalahi sebagai co-sutradara.

Selain melibatkan personel TNI dengan persenjataan lengkap, film ini juga dibintangi sejumlah artis, yakni Rio Dewanto, Yama Carlos, Boris Bokir, Revalina S Temat, Baim Wong, Deddy Mizwar, Tri Yudiman dan artis Lebanon Jowy Khoury. Film I Leave My Heart In Lebanon resmi tayang di berbagai sinema Indonesia pada 15 Desember 2016.

3. Film Merah Putih Memanggil

Merah Putih Memanggil adalah sebuah film dari Indonesia dengan genre action. Yang bercerita tentang pasukan Tentara Nasional Indonesia yang bertugas sebagai wakil Indonesia dalam misi penyelamatan Warga Negara Indonesia dari aksi teroris internasional.

Film yang ditulis oleh TB Silalahi ini mengusung tema tentang patriotisme, nasionalisme dan kegigihan TNI, dirilis pada tanggal 5 Oktober 2017. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro