Film Budi Pekerti
Entertainment

Rekomendasi Film Bertema Guru untuk Merayakan Hari Guru Nasional

Redaksi
Selasa, 21 November 2023 - 16:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Guru diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 November. Peringatan ini menjadi bentuk penghargaan kepada pahlawan tanpa tanda jasa tersebut di Indonesia. 

Biasanya setiap sekolah akan mengadakan acara untuk memperingati. Setiap tahun perayaan hari guru selalu dihiasi dengan banyaknya kado untuk guru. Selain itu, segala pementasan juga menjadi ide yang bagus untuk merayakan hari guru. 

Kamu juga bisa mengadakan acara nonton bareng untuk merayakan hari guru dan beberapa lagu ini mungkin bisa menjadi rekomendasi.

1. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Film ini diadaptasi dari kisah nyata seorang anak asal Papua. Film menceritakan perjungan anak suku pedalaman Papua untuk mendapatkan pendidikan yang layak. 

Disutradarai oleh John de Rantau, film yang memotivasi ini berhasil masuk panitia seleksi Piala Oscar tahun 2008. 

2. Laskar Pelangi (2008)

Film legendaris yang satu ini tidak akan terhapus dalam ingatan masyarakat Indonesia. Film ini menceritakan kisah 10 orang yang sedang mengenyam pendidikan Sekolah Dasar bukan hanya itu film ini juga menunjukan persahabatan yang luar biasa. 


3. Sokola Rimba (2013)

Film yang disutradarai oleh Mira Lesmana ini menceritakan kisah Butet Manurung (Prisia Nasution) yang dengan mengajarkan baca tulis pada anak-anak masyarakat suku pedalaman yang tinggal di hulu Sungai Makekal di hutan Bukit Duabelas. 


4. Negeri 5 Menara (2012)

Film ini menceritakan tentang enam sahabat yang bertemu di Pondok Madani, sebuah pesantren di Ponorogo. Enam sahabat ini selalu berkumpul di menara masjid, hingga mempunyai mimpi yang besar untuk menaklukan dunia.


6. Aisyah Biarkan Kami Bersaudara (2019)


Film ini diangkat dari kisah nyata, tentang seorang wanita muslim yang menjadi guru di sebuah desa terpencil yang diperankan oleh. Tempat yang terpencil tanpa listrik dan tanpa sinyal seluler serta musim kemarau yang panjang membuat air susah didapat. Hingga mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan dari muridnya yang beragama katolik.


7. Guru-guru Gokil (2019)

Film ini dibintangi oleh Gading Marten yang memerankan tokoh utama bernama Taat, dia memiliki hubungan yang tidak baik dengan ayahnya. Namun, Taat akhirnya terpaksa menjadi seorang guru akibat keterpaksaan. 

Hingga dia harus berurusan dengan perampokan yang membuatnya harus bekerja sama dengan guru-guru lain dan muridnya agar bisa menangkap komplotan perampok tersebut. Selain Gading, film ini juga dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Boris Bokir, Kevin Ardilova, Ibnu Jamil dan sederet aktris dan aktor lainnya.


8. Notebook ( 2021)

Film ini menceritakan seorang guru yang harus beradaptasi dengan lingkungan baru.  Film yang disutradarai oleh Karsono Hadi, mengisahkan Rintik, seorang guru muslim yang baru saja pindah dari Jakarta ke Sumba.

Dia ditugaskan untuk menggantikan Bu Teresa dan mengajar bagi anak-anak di sekolah Kristen. Namun, perbedaan keyakinan yang terjadi menimbulkan polemik di antara guru-guru dan kepala sekolah. Mereka khawatir jika para orang tua murid tidak setuju anak-anak mereka diajarkan dengan seorang guru muslim.


9. Budi Pekerti (2023)

Film yang baru rilis di tahun 2023 ini juga menjadi rekomendasi yang cocok ditonton tepat saat peringatan Hari Guru Nasional. Film ini menceritakan kisah seorang guru BK yang mengalami bullying usai video perdebatannya dengan seorang pria di pasar viral di media sosial. Selain menceritakan guru, film ini juga sangat identik dengan penggunaan media sosial. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro