Logo Google./Bloomberg-Ore Huiying
Entertainment

Ini Dia Topik yang Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang Tahun 2023 Oleh Orang Indonesia

Mia Chitra Dinisari
Senin, 18 Desember 2023 - 20:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google Indonesia kembali mengumumkan Year in Search 2023 yang membagikan berbagai momen dan tren sepanjang tahun 2023 berdasarkan penelusuran yang dilakukan masyarakat di Indonesia.

Tahun ini, 8 kategori yang diumumkan, diantaranya: Mengapa, Apa, Siapa, Lirik Lagu, Resep, Film/Serial TV, Berita, Olahraga. 

Pencarian seputar “jadwal Piala Dunia U-17”, “Timnas Indonesia” dan “Apa itu KTT Asean” menjadi topik yang banyak diminati sepanjang 2023 menyusul Indonesia menjadi tuan rumah.

Selain itu, minat masyarakat terhadap teknologi juga meningkat, khususnya terkait Artificial Intelligence (AI), hal ini terlihat dari meningkatnya penelusuran seputar “AI” dan“Bard”.

Tidak hanya keinginan untuk memahami teknologi, tapi juga memahami cara untuk memanfaatkannya dengan baik dan benar, dimana pencarian “mengapa teknologi harus digunakan secara bijaksana” turut menjadi salah satu yang trending tahun ini. 

Meningkatnya kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kesehatan selalu terlihat dari tahun ke tahun.“Pound fit”,”crossfit”, “matras apa yang cocok buat olahraga yoga” dan “apa itu ISPA” menjadi topik yang kerap dieksplor pengguna dalam mesin pencarian Google.

Para pecinta kuliner juga antusias untuk membuat kreasi sajian favorit sendiri. Konten mukbang seblak ala Rafael Tan rupanya banyak menggugah selera para penonton sehingga kata kunci “resep seblak Rafael” menjadi salah satu topik penelusuran teratas, “Resep mochi bites”, “resep odeng” dan “resep puding lumut gula merah” juga menjadi kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna. 

Tren lain yang tak kalah menarik adalah kian meningkatnya minat masyarakat terhadap hiburan dari para seniman lokal. Hal ini terlihat dari meningkatnya penelusuran terkait berbagai topik hiburan, seperti “Gadis Kretek”, “Petualangan Sherina” hingga “lirik mengenang bintang”.

Tidak hanya sekedar memilah dan menerima informasi, namun masyarakat Indonesia juga cukup kritis dalam meneliti latar belakang konten yang mereka konsumsi, salah satunya dengan melacak profil sosok yang berperan. Penelusuran dengan keyword “Nadia Omara”, “Putri Ariani”, “Karni Ilyas” dan “Otto Hasibuan” merupakan salah satu daripencarian terpopuler untuk kategori Siapa. 

Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia mengatakan Year in Search melihat apa saja topik yang trending dan menarik perhatian masyarakat Indonesia sepanjang tahun ini.

Dan hasil tahun ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin kritis dan jeli dalam menelaah informasi, juga lebih bijak dalam menggunakan teknologi untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro