Louis Vuitton/Ilustrasi-Reuters
Entertainment

Tips Preloved Tas Mewah, Jangan Beli yang Palsu!

Mutiara Nabila
Rabu, 28 Februari 2024 - 21:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Peminat tas dengan merek mewah kelas atas makin banyak di Indonesia. Namun, karena harganya yang mahal, tak sedikit orang mencari yang preloved atau bekas.

Saat membeli tas mewah bekas, tentu Anda tidak ingin membeli barang yang palsu, terutama mengingat maraknya apa yang disebut “superfakes”. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa yang harus diwaspadai sebelum membeli barang mewah bekas, yang tak dibeli langsung di toko aslinya.

Berikut ini tips dari sejumlah pakar untuk membedakan barang yang asli dan yang palsu:

1. Periksa berat dan baunya

Sebelum berbelanja, lakukan riset tentang detail produk di website produk. Kemudiajn saat belanja secara langsung, pastikan Anda juga mempertimbangkan berat tas tangan, dan bahkan baunya. Bau bahan kimia yang menyengat merupakan tanda bahaya.

2. Pastikan semua detailnya 

Jika membeli secara online, pastikan fotonya berkualitas tinggi dan sertakan foto close-up barangnya. 

Bandingkan semua elemen yang terlihat, beserta bagian dalam tas dengan foto barang asli. Pemalsu sering kali mengambil jalan pintas pada detail di dalam tas, jadi pastikan untuk membandingkannya dengan foto dari situs web merek tersebut.

3. Minta kotak asli, dustbag, dan sertifikatnya

Periksa apakah tas tersebut dilengkapi dengan kotak, kantong debu, dustbag, dan sertifikat aslinya, dan pastikan Anda melakukan riset untuk memastikan bahwa tas tersebut asli. Pasalnya, beberapa tas seperti Hermès palsu dijual dengan kartu keaslian, padahal Hermès asli tidak memberikan sertifikat apa pun.

4. Pastikan harganya tepat

Meskipun kita akan melakukan tawar-menawar, jika harganya tampak terlalu terjangkau bisa jadi itu palsu.

Menurut sejumlah pakar, tidak ada tawar-menawar dalam hal tas mewah,” jelas Mestchersky. Anda bisa menemukan harga miring untuk tas yang tidak tenar atau yang membutuhkan perbaikan. Tapi jika tas ikonik memiliki harga yang sangat murah, ada sesuatu yang salah.

5. Barang antik palsu lebih mudah dikenali

Terkait tas antik, barang palsu biasanya lebih mudah dikenali, karena kualitas barang palsu pada masa itu tidak begitu baik.

6. Serahkan pada ahlinya

Jika ragu, belilah dari sumber terpercaya yang menawarkan jaminan keaslian. Di Indonesia saat ini juga sudah banyak toko preloved tas mewah yang tepercaya. Adapun, untuk mempermudah para pembeli untuk mencari barang branded preloved yang tepercaya, salah satunya melalui Irresistible Bazaar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro