Kelebihan beras premium/Eusebio Chrysnamurti
Health

Kelebihan Beras Premium untuk Kesehatan dan Cara Membedakannya dengan Beras Medium

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 23 Juni 2024 - 17:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Permintaan beras premium terus meningkat seiring dengan kesadaran konsumen akan pentingnya pangan yang berkualitas.

Salah satunya yang juga dirasakan Nadya Pratiwi, Co-Founder Nasi Peda Pelangi dan inisiator gerakan Beras Baik.

Dia mengemukakan pentingnya memilih beras berkualitas tinggi untuk konsumsi harian.

Dia bahkan berani bekerjasama dengan kelompok petani di Sragen, Jawa Tengah, di mana ia membeli hasil panen lebih mahal Rp5.000 daripada HPP, karena tidak memakai pupuk pestisida sehingga mengurangi kontaminasi pestisida kimia dan menerapkan pertanian regeneratif.

“Saya melakukan observasi selama 7 hari antara nasi yang berasal dari tanaman padi yang menggunakan pestisida kimia dengan yang tidak menggunakan pestisida kimia sama sekali. Ternyata nasi yang berasal dari tanaman padi yang memakai banyak produk kimia menjadi kuning seperti oncom, sedangkan yang tidak memakai kimia masih memiliki warna putih tapi cuma kering saja,” ungkapnya.

Nasi yang berasal dari kontaminasi kimia yang tinggi, katanya, juga memiliki indeks glikemik tinggi, sementara yang tidak terkontaminasi bahan kimia akan memiliki indeks glikemik di bawah rata-rata.

Bayu Krisnamurthi, Direktur Utama Perum BULOG menjelaskan, bedanya beras medium dengan beras premium adalah berapa besaran pecahnya.

"Kalau beras medium itu 20% pecahnya. Jadi 20% dari 1 Kilogram itu ada yang tidak utuh berasnya. Sedangkan di pasar beras internasional hanya dikenal pecah 5%, beras tersebut yang di Indonesia dinamakan sebagai beras premium”. paparnya.

Beberapa jenis beras Perum BULOG Premium yang diproduksi dan sudah dipasarkan secara umum termasuk di ritel modern di seluruh Indonesia di antaranya Beras Fortivit, merupakan produk unggulan dengan tambahan fortifikan berupa multi vitamin dan mineral sehingga memiliki keunggulan nilai gizi lebih baik.

Beras Befood dan punakawan merupakan beras pilihan dengan cita rasa pulen dan diproduksi dengan mesin modern serta bersertifikasi halal agar menjaga mutu dan kualitas produk yang baik dan masih banyak lagi.

Meningkatnya permintaan konsumen akan produk beras premium berkualitas tinggi, membuat Perum BULOG menyediakan  beragam produk beras yang ada.

“Saat ini pemain di komoditas pangan sudah banyak. Karenanya kami terus melakukan berbagai inovasi dan strategi pemasaran terhadap produk BULOG dengan menghadirkan lebih dari 50 merek beras yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan sesuai dengan cita rasa khas daerah tersebut. Kami terus bertumbuh mengikuti kondisi zaman yang dinamis,” jelas Febby Novita, Direktur Bisnis Perum BULOG.

Berdasarkan peraturan Bapanas, spesifikasi beras yang diterima oleh Perum BULOG ialah derajat sosoh minimal 95 persen, kadar air maksimal 14 persen, butir patah maksimal 20 persen dan butir menir maksimal 2 persen.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro