Pengunjung memilih minuman kemasan di Super Market di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Health

Ini 7 Bahaya Minum Soda Setiap Hari, Risiko Jantung dan Bahaya Ginjal

Redaksi
Minggu, 1 September 2024 - 13:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apakah Anda gemar untuk meminum soda setiap hari? Jika jawabannya adalah “iya,” maka sebaiknya Anda mulai membatasinya.

Tahukah Anda risiko apa yang sebenarnya menunggu jika Anda sering meminum soda?

Soda menimbulkan berbagai risiko kesehatan karena komposisinya. Soda mengandung banyak gula tambahan–yang biasanya dalam bentuk sirup jagung fruktosa tinggi.

Tak hanya itu, soda juga dapat berisiko pada penyakit lainnya.

Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut 7 bahaya minum soda setiap hari:

1. Bertambahnya berat badan

Setiap kalengnya, soda mengandung sekitar 150 hingga 200 kalori–terutama berasal dari gula tambahan. Jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik, hal ini dapat menyebabkan kelebihan kalori–yang mengakibatkan kenaikan berat badan seiring waktu.

Pada Mei 2020, International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity menerbitkan sebuah studi yang membahas permasalahan ini. Menurut jurnal tersebut, aktivitas fisik yang dilakukan pada waktu luang tidak mampu mengimbangi berat badan yang bertambah akibat minuman bersoda.

2. Meningkatnya risiko diabetes tipe 2

Karena soda mengandung gula, otomatis gula darah dan kadar insulin Anda akan melonjak jika mengonsumsinya secara terus-menerus. Dalam rentang waktu tertentu, hal ini dapat mengakibatkan resistensi insulin–yang berperan penting dalam timbulnya diabetes tipe 2.

Dari banyaknya studi yang diterbitkan, salah satunya mengatakan bahwa orang yang minum minuman manis–seperti soda–setiap harinya memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2 hingga 26 persen.

3. Menurunnya kesehatan tulang

Dalam banyak minuman bersoda, ditemukan senyawa asam fosfat. Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa hal ini dapat mengganggu penyerapan kalsium–yang berpotensi melemahkan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Sebuah penelitian pada bulan September 2014 menunjukkan bahwa setiap minuman bersoda yang dikonsumsi pada siang hari dapat meningkatkan risiko patah tulang pinggul hingga 14 persen.

4. Menimbulkan masalah pada gigi

Gula dan asam yang terkandung dalam soda dapat mengikis email gigi–lapisan terluar gigi Anda. Hal ini menyebabkan gigi rusak dan berlubang. Risiko ini lebih tinggi apabila Anda mengonsumsi soda setiap hari.

5. Meningkatkan risiko penyakit hati berlemak

Hati dapat memetabolisme gula. Namun, jika Anda mengonsumsi soda secara berlebihan, kandungan rafinasi dan sirup jagung fruktosanya dapat membebani hati Anda. Hal tersebut akan mengakibatkan penumpukan lemak ekstra–yang dapat menyebabkan penyakit hati berlemak non-alkohol.

6. Risiko penyakit jantung

Meskipun terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan jantung, minum soda setiap hari faktanya dapat meningkatkan risiko tersebut. Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

7. Potensi bahaya bagi ginjal

Mengonsumsi soda secara berlebihan–terutama yang dibuat dengan sirup jagung fruktosa tinggi–dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kristal terbentuk dalam ginjal–yang mengakibatkan batu ginjal yang menyakitkan. (Rafi Abid Wibisono0

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro