Soda kue dapat membantu mengatasi masalah seperti refluks asam dengan cara menetralkan asam, berkaitan dengan keseimbangan pH, asam dan basa pada tubuh./FKUI
Health

Minum Air Baking Soda Baik untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Mutiara Nabila
Sabtu, 10 Agustus 2024 - 12:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Salah satu bahan yang sering ditemukan di dapur, baking soda, umumnya digunakan untuk menjadi pengembang kue. Manfaat lainnya antara lain untuk membersihkan buah dan sayur serta menghilangkan bau. Namun, ternyata bahan ini bisa memberikan manfaat lain untuk kesehatan. 

Tren terbaru menyebutkan, menambahkan baking soda atau soda kue ke dalam air dipercaya dapat meningkatkan performa latihan, mencegah refluks asam, meningkatkan energi, dan banyak lagi. 

Namun, para ahli mengatakan apakah praktik tersebut bermanfaat untuk berbagai kondisi masih menjadi masalah yang rumit karena penelitian yang terbatas dan beragam, risiko, dan kesehatan pribadi.

"Soda kue sebenarnya adalah bahan alami yang sangat keren yang dapat melakukan banyak hal," kata Frances Largeman-Roth, ahli gizi dan penulis Everyday Snack Tray, dikutip Times of India, Sabtu (10/8/2024). 

Namun, hanya karena soda kue diproduksi dari bahan-bahan alami tidak berarti aman untuk dikonsumsi tanpa aturan, imbuhnya. 

Tetap perlu kehati-hatian karena bahan ini memiliki sifat kimia yang bisa bereaksi dalam tubuh, dan bagaimana interaksi sensitif antara keduanya dapat membantu atau justru membahayakan.

Grace Derocha, ahli gizi terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan, baking soda, yang secara resmi dikenal sebagai natrium bikarbonat, adalah zat alkali yang terdiri dari natrium, hidrogen, karbon, dan oksigen. 

Soda kue disebut dapat membantu mengatasi masalah seperti refluks asam dengan cara menetralkan asam, berkaitan dengan keseimbangan pH, asam dan basa pada tubuh. 

Namun, mengonsumsi terlalu banyak soda kue, yang memiliki pH basa sekitar 8,3, justru bisa menimbulkan kekacauan. 

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi air baking soda, dapat meningkatkan ketahanan latihan. Penelitian tersebut sudah dimulai sejak 1980-an. 

ahli fisiologi olahraga Dr. Tamara Hew-Butler, seorang profesor madya ilmu olahraga dan latihan di Wayne State University di Detroit menjelaskan, selama berolahraga, terutama jenis anaerobik yang intens seperti lari cepat atau lompat tali, metabolisme otot menghasilkan ion hidrogen. Kemudian pemecahan glikogen otot yang menghasilkan energi juga menghasilkan produksi laktat ditambah ion hidrogen.

Tamara melanjutkan, penumpukan ion tersebut akan meningkatkan keasaman dalam darah atau otot yang akan membatasi kinerja latihan, karena akan memberi rasa terbakar saat latihan

“Jadi, manfaat mengonsumsi air soda kue sebelum latihan adalah untuk mengurangi keasaman di dalam dan di sekitar otot yang bekerja, yang dapat meningkatkan kinerja dalam latihan intensitas tinggi berdurasi pendek," jelasnya. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi soda kue satu atau dua jam sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa selama 12 menit melakukan aktivitas intensitas tinggi seperti bersepeda, berlari, mendayung, tinju, dan karate. Namun, efek pada pH mungkin bertahan hingga tiga jam, kata Hew-Butler.

Peserta penelitian yang mengonsumsi soda kue yang melibatkan latihan kekuatan juga tercatat mampu melakukan lebih banyak repetisi dengan lebih sedikit kelelahan otot daripada kelompok plasebo.

Baking soda dapat menurunkan asam lambung dan meredakan refluks asam atau gangguan pencernaan juga, yang tidak mengejutkan karena bahan tersebut merupakan komponen antasida, pengobatan umum untuk kondisi tersebut. 

Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa soda kue bahkan dapat memperlambat perkembangan penyakit ginjal.

Dr. Paul O'Connor, profesor fisiologi di Medical College of Georgia di Augusta University di Georgia mengatakan pada orang dengan penyakit ginjal kronis, organ-organ tersebut tidak berfungsi dengan cukup baik untuk membuang cukup asam setiap hari, sehingga darah menjadi lebih asam. 

"Secara klinis, yang telah kami lakukan adalah memberikan suplementasi bikarbonat kepada orang-orang ini untuk pada dasarnya mengimbangi beban asam dan membantu mengurangi asam yang harus dibuang oleh ginjal," kata O'Connor. 

Selain itu, pada sebuah studi 2018 yang dilakukan pada tikus dan manusia menemukan bahwa soda kue dapat mengurangi peradangan, yang merupakan faktor risiko berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung, depresi, penyakit Alzheimer, dan lainnya. 

"Namun, studi ini hanya berlangsung selama (dua) minggu, jadi kami tidak dapat berasumsi bahwa pengobatan ini aman untuk jangka panjang," katanya.

Kemudian, mengutip WebMD, konsumsi soda kue bahkan bisa membantu kemoterapi bekerja lebih baik. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang menemukan bahwa soda kue dapat menyembuhkan kanker, beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa soda kue dapat membantu beberapa pengobatan kanker bekerja lebih baik. 

Beberapa obat kemoterapi memerlukan kondisi basa, bahkan ada beberapa obat yang menjadi lebih beracun dalam lingkungan asam. 

Itulah sebabnya beberapa ahli menyarankan penggunaan beberapa bentuk natrium bikarbonat untuk hasil pengobatan terbaik. 

Perubahan mulut dan tenggorokan merupakan efek samping kemoterapi yang umum. Dalam hal ini, 1/4 sendok teh soda kue bisa dicampurkan kedalam 1 cangkir air hangat dan digunakan untuk berkumur tiga kali sehari dengan campuran 1 cangkir air hangat dan 1/8 sendok teh garam, diikuti dengan berkumur dengan air biasa.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro