Pasien serangan jantung/reuters
Health

Ini Jenis Olahraga Terbaik untuk Penderita Penyakit Jantung Menurut Ahli

Mutiara Nabila
Minggu, 20 Oktober 2024 - 13:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bagi orang yang pernah mengalami masalah pada jantung atau didiagnosis dengan kondisi jantung, tertentu sangat wajar jika ragu untuk berolahraga. Lantas apa saja olahraga yang aman bagi penderita penyakit jantung?

Pasalnya, dalam kondisi apa pun, olahraga tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Dilansir Parade, menurut para ahli jantung, olahraga apa pun diperbolehkan selama dokter mengizinkan. Berolahraga dengan kondisi jantung tertentu tidak hanya aman, tetapi juga direkomendasikan! Bahkan, ada satu jenis olahraga yang sangat bermanfaat pada penderita kondisi jantung.

Sebelum mencoba jenis olahraga apa pun, ahli jantung Dr. David Hsi, mengatakan bahwa penting untuk mendapatkan persetujuan dari dokter. Hal ini karena kondisi jantung sangat bervariasi. 

"Apa yang aman bagi satu orang dengan kondisi jantung tertentu mungkin tidak direkomendasikan bagi orang lain dengan kondisi jantung lainnya. Saat berbicara dengan dokter Anda, pastikan untuk menanyakan jenis olahraga apa yang aman serta seberapa intens olahraga tersebut masih terbilang aman," paparnya, dikutip Jumat (18/10/2024).

Namun secara umum, kebanyakan orang dengan kondisi jantung dapat memperoleh manfaat dari berolahraga. 

Ahli jantung intervensional Dr. Sameer Mehta menyebutkan, dua kondisi jantung utama yang bisa memperoleh manfaat signifikan dari program olahraga adalah gagal jantung kongestif dan penyakit arteri koroner. 

Dr. Mehta mengatakan bahwa seorang ahli jantung dapat merujuk seseorang dengan riwayat gagal jantung kongestif atau penyakit arteri koroner ke rehabilitasi jantung, dan menawarkan sejumlah sesi olahraga yang diawasi oleh ahli fisiologi olahraga terlatih.

“Di akhir sesi ini, pasien akan memiliki gambaran yang baik tentang intensitas dan jumlah latihan yang mampu mereka lakukan, tujuan untuk ke depannya, serta memperoleh tingkat kenyamanan yang signifikan sehingga mereka dapat terus berlatih,” kata Dr. Mehta.

Jenis Olahraga Terbaik untuk Penderita Kondisi Jantung

Bagi orang yang memiliki kondisi jantung tertentu, harus berkonsultasi dengan dokter tentang jenis olahraga apa yang terbaik dan seberapa intens olahraga tersebut aman untuk dilakukan. 

Meski demikian, Dr. Hsi mengatakan bahwa ada satu jenis olahraga yang sangat direkomendasikan, yaitu olahraga aerobik sedang, seperti berjalan kaki. 

“Berjalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga aerobik yang paling aman bagi penderita kondisi jantung. Olahraga ini berdampak rendah dan membantu melancarkan peredaran darah,” katanya.

Sejumlah penelitian ilmiah menunjukkan betapa hebatnya membiasakan diri berjalan kaki secara teratur bagi kesehatan. Berjalan kaki bisa menurunkan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan demensia. 

Selain itu berjalan kaki bahkan jugq dikaitkan dengan peningkatan harapan hidup. 

"Olahraga memungkinkan tubuh menjadi lebih efisien dalam memanfaatkan oksigen. Dengan demikian, latihan fisik dapat mengurangi gejala penyakit jantung pada pasien," jelas Dr. Mehta.

Dr. Hsi menjelaskan bahwa berjalan cepat juga baik untuk kesehatan kardiovaskular dan juga terkait dengan pengurangan stres, terutama jika dilakukan di alam. Hal ini penting untuk diperhatikan karena stres tinggi yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Selain berjalan, Dr. Hsi mengatakan bahwa yoga dan tai chi, dua bentuk latihan aerobik sedang lainnya yang dapat bermanfaat bagi penderita penyakit jantung. 

Mirip dengan berjalan, bentuk latihan ini juga secara ilmiah dikaitkan dengan penurunan tingkat stres dan bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular.

Di samping jenis latihannya, yang penting juga seberapa sering Anda melakukannya. 

"Aturan umumnya adalah bahwa latihan paling bermanfaat jika dilakukan setidaknya tiga jam per minggu untuk latihan intensitas sedang," kata Dr. Mehta.

Lantas, olahraga apa saja yang harus dihindari?

Dr. Hsi mengatakan bahwa latihan interval intensitas tinggi (HIIT) mungkin akan terlalu intens bagi sebagian orang dengan kondisi jantung, tetapi menegaskan bahwa ini adalah sesuatu yang harus ditanyakan kepada dokter. 

Dia juga menambahkan bahwa mungkin bukan ide yang baik untuk ikut lari maraton atau triatlon jika memiliki kondisi penyakit jantung.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro