Ilustrasi Alzheimer/yourlighterside.com
Health

Ini Bukti Ubah Gaya Hidup Bantu Cegah Alzheimer

Editor
Rabu, 17 Desember 2014 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Melakukan perubahan gaya hidup dapat membantu mencegah kemunculan penyakit Alzheimer dan bentuk lain demensia. Demikian analisis baru oleh lembaga kesehatan Inggris, Age UK.

SIMAK: SULIT PUNYA ANAK: Jangan Anggap Enteng Nyeri Haid

Kajian terhadap data dan studi akademis mengungkapkan sebanyak 76 persen kemerosotan kognitif --hubungan perubahan dalam kemampuan berfikir dengan usia termasuk kehilangan daya ingat dan kecepatan kemampuan berfikir-- dipengaruhi oleh gaya hidup dan faktor lain lingkungan termasuk tingkat pendidikan.

Analisis tersebut menyatakan ada lima langkah "sederhana dan efektif" yang dapat dilakukan orang untuk memelihara kesehatan otak dan mengurangi risiko terserang demensia.

Faktor gaya hidup dapat menurunkan resiko serangan demensia, yang meliputi olahraga fisik secara rutin, makan makanan yang sehat, tidak merokok dan minum alkohol dalam jumlah sedang.

Demikian hasil studi, yang dipantau, Rabu (17/2/2014) siang. Selain itu, mencegah dan mengobati diabetes, tekanan darah tinggi dan kegemukan juga bisa mengurangi risiko demensia.

Satu studi besar oleh lembaga Inggris tersebut, yang dilakukan selama 30 tahun, mendapati bahwa pria yang berusia antara 45 dan 59 tahun yang mengikuti empat-lima gaya hidup yang diidentifikasi itu memiliki faktor risiko 36 persen lebih rendah untuk terserang kemerosotan daya ingatan, dan risiko 36 persen lebih rendah untuk terserang penyakit gila dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Age UK berharap bukti baru itu akan mendorong orang untuk melakukan perubahan yang akan membantu mengurangi risiko terserang demensia.

"Meskipun masih tak ada obat atau cara mengubah demensia, bukti ini memperlihatkan bahwa ada cara yang sederhana dan efektif untuk mengurangi risiko terserang kondisi tersebut,” kata Caroline Abrahams, Direktur Age UK.

"Makin cepat kita memulai, makin baik peluang yang kita miliki untuk hidup sehat pada kemudian hari." (Bisnis.com)

BACA JUGA:


DJAROT WAGUB JAKARTA: Disediakan 2 Layar Lebar untuk Nobar

HARTA GAYUS DILELANG: Ini Daftar Lengkapnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Editor
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro