Ilustrasi/Morefemale
Relationship

4 Tips Bekerja Profesional Saat Teman Jadi Atasan Anda

Andhina Wulandari
Rabu, 17 Desember 2014 - 13:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Setelah lama bekerja bersama-sama, Anda pun mulai dekat dengan rekan kerja dan bersahabat dengannya. Ternyata, berkat kinerjanya yang baik, dia pun dipromosikan dan kini menjadi atasan Anda.

Dalam situasi ini, Anda harus tetap berlaku profesional dan berikut adalah cara menghadapinya.

1. Hilangkan rasa cemburu

Rasa cemburu otomatis akan muncul begitu melihat teman yang tadinya sama-sama jadi bawahan, kini diangkat menjadi bos. Namun, sebaiknya hindari perasaan itu karena bisa mempengaruhi pekerjaan dan karir Anda. Daripada merasa cemburu, cobalah merasa termotivasi untuk bisa mencontoh cara kerja teman hingga mendapat promosi jabatan.

2. Hubungan Anda akan berubah

Pahami juga bahwa hubungan Anda di kantor akan berubah. Anda tidak lagi bisa menggosipkan atasan dengan teman atau banyak mengeluh soal manajemen perusahaan. Bagaimanapun, teman sebagai atasan nantinya akan membuat penilaian pada Anda sebagai bawahannya.

3. Jaga jarak di kantor

Ada baiknya Anda tetap menjaga jarak di kantor. Jangan mentang-mentang Anda teman si bos, Anda pun jadi berlaku seenaknya. Hal ini tentu saja akan terasa tidak adil bagi rekan kerja yang lainnya. Anda harus bisa memandang teman sebagai atasan, sementara di luar kantor barulah bersikap sebagai sahabat.

4. Jangan dianggap personal

Saat teman Anda memberi kritik soal pekerjaan, jangan lantas dianggap personal. Lihat itu sebagai kesempatan Anda untuk memperbaiki diri dalam hal pekerjaan. Jika Anda merasa keberatan, sebaiknya diskusikan di tempat tertutup, jangan di depan rekan kerja yang lain. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Naomi Campbell Tetap Laris Sebagai Model di Usia 44

Ini Dia Pemenang The Voice Season 7

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : WSJ/Careerrocketeer
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro