Relationship

Tips Renovasi Rumah Lewat KPR. Simak Caranya

Sukirno
Jumat, 16 Januari 2015 - 06:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Jika Anda ingin merenovasi rumah lama agar lebih segar dan nyaman tetapi tidak punya cukup dana. Ternyata, sejumlah bank menawarkan layanan kredit pemilikan rumah (KPR), simak kiat-kiat berikut.

Dikutip Bisnis.com, dari laman resmi PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA, Jumat (16/1/2015), disebutkan bahwa mendapatkan hunian ideal adalah impian setiap orang. Salah satu cara mendapatkan hunian ideal adalah dengan merenovasi rumah.

Contohnya untuk memperbaiki kerusakan, mengubah desain maupun ketika Anda ingin memperluas rumah. Anda dapat memanfaatkan fasilitas KPR jika dana yang ada saat ini tidak cukup untuk merenovasi rumah sesuai keinginan Anda.

Sebelum memutuskan renovasi rumah, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda agar renovasi rumah berjalan sesuai keinginan:

1. Perencanaan Renovasi Rumah yang Matang
Seperti dalam membangun, renovasi rumah juga membutuhkan perencanaan yang matang agar dapat mengurangi risiko boros ataupun ketidak sesuaian dengan ide. Tentukan dulu bagian mana yang akan di renovasi, berapa besarnya bagian yang akan direnovasi hingga baha-bahan apa yang diperlukan.

2. Carilah informasi dari kontraktor, arsitek, atau para ahli terkait lainnya
Arsitek merupakan pihak perencana pembangunan dan kontraktor sebagai pelaksana pembangunan. Anda dapat mencari kontraktor dan arsitek yang terpercaya dan melibatkannya dalam renovasi rumah.

Anda juga dapat berkonsultasi para ahli perumahan untuk perencanaan renovasi rumah dari menemukan ide, material yang cocok, hingga efesiensi biaya.

3. Sesuaikan Rencana Renovasi dengan Anggaran Anda
Hitung berapa jumlah material yang dibutuhkan, lakukan survey untuk mengetahui harga yang paling sesuai dengan anggaran Anda, jangan lupa untuk menghitung upah pekerja.

Jika Anda menggunakan pemborong atau kontraktor maka harga yang ditentukan biasanya tergantung berapa meter persegi bagian yang akan direnovasi, bahan yang dibutuhkan serta jenis pekerjaan yang dilakukan seperti renovasi yang berupa pengembangan rumah secara horisontal (penambahan ruangan) melebar ke samping kiri, kanan, depan atau belakang, akan berbeda dengan pengembangan rumah secara vertikal (penambahan lantai/tingkat).

4. Pembiayaan renovasi
Tentukan dari mana sumber pendanaan renovasi rumah Anda. Hitung berapa anggaran yang Anda miliki untuk renovasi rumah, jika dana ternyata kurang Anda dapat menunda pelaksanaan renovasi atau mencari pinjaman.

Akan tetapi, jika menunda pelaksanaan renovasi Anda perlu menghitung ulang berapa biaya yang dikeluarkan karena harga material dan pekerja dapat bertambah sewaktu-waktu.

Jika Anda memutuskan untuk memanfaatkan pinjaman, kredit dengan KPR dapat menjadi pilihan Anda. Anda dapat mencari informasi di kantor cabang terdekat karena sejumlah bank menawarkan KPR untuk renovasi rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro