7 Pola Makan yang Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami/boldsky.com
Health

7 Pola Makan yang Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami

Mutiara Nabila
Kamis, 18 April 2024 - 18:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Setelah merayakan Hari Raya Idulfitri, banyak orang yang khawatir kadar kolesterolnya naik akibat banyak menyantap makanan bersantan. 

Makanan bersantan sering dituduh sebagai penyebab kolesterol tinggi, padahal santan juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. 

Hanya saja, proses memasak seperti dipanaskan sampai terlalu mendidih dan dikonsumsi terlalu banyak membuat santan jadi musuh bagi tubuh karena bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. 

Saat kolesterol tinggi, tubuh akan merasakan beberapa gejala di antaranya sering merasa ngantuk, nyeri dada, sering nyeri di kaki, dan sampai mudah mengalami kenaikan berat badan. 

Namun, tujuh pola makan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami:

1. Makan banyak serat

Tingkatkan konsumsi buah, sayur, gandum utuh, dan kacang-kacangan yang mengandung serat mudah larut. Kandungan serat ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. 

2. Makan lemak sehat

Tambahkan sumber lemak sehat dari bahan nabati seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Sementara itu, batasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang sering ditemukan dalam makanan olahan. 

3. Konsumsi makanan dengan asamm lemak Omega-3

Memasukkan ikan berlemak, seperti salmon, makarel, dan trout dalam pola makan bisa membantu. Jika ingin memilih pilihan nabati, bisa konsumsi flaxseed. 

4. Batasi konsumsi makanan olahan

Batasi dan kurangi konsumsi makanan diproses, camilan manis, dan minuman ringan tinggi gula, yang bisa berkntribusi meningkatkan kadar kolesterol. 

5. Konsumsi makanan protein tinggi dan rendah lemak

Beberapa pilihan makanan tinggi protein dan rendah lemak di antaranya adalah daging putih seperti ikan, ayam, atau sumber nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Hindari makan daging merah penuh lemak. 

6. Kontrol porsi

Kontrol porsi setiap makan untuk mengelola kalori yang dikonsumsi. Selain bisa secara alami menurunkan kolesterol, cara ini juga ampuh untuk menurunkan berat badan, lho. 

7. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih sepanjang hari bisa membantu menjaga kolesterol baik dalam tubuh tetap terjaga aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro