Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan varian Omicron terdeteksi masuk ke Indonesia/Kemenkes RI
Health

Swedia-RI Kerja Sama, Hadirkan Platform Pengembangan Kesehatan

Jessica Gabriela Soehandoko
Jumat, 26 April 2024 - 19:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Team Sweden bersama dengan Kementerian Kesehatan Indonesia meresmikan pengembangan platform Layanan Kesehatan Swedia-Indonesia Sustainability Partnership atau SISP Healthcare Platform. 

Peluncuran ini diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Timor-Leste dan ASEAN Daniel Blockert di kediaman Duta Besar Swedia di Jakarta, Jumat (26/4/2024). 

Adapun, Team Sweden sendiri terdiri dari Kedutaan Besar Swedia, Business Sweden di Indonesia dan perusahaan Swedia.

“Platform ini menunjukkan bagaimana pemangku kepentingan di Indonesia dan Swedia dapat berkolaborasi di sektor kesehatan,” terang Budi dalam pidato pembukaannya. 

Ia juga menuturkan bahwa pihak pemerintah perlu memfasilitasi sektor swasta, dan sektor swasta perlu untuk memperkuat keterlibatannya dengan pemangku kepentingan lainnya. 

Melalui SISP Healthcare Platform, Budi mengatakan bahwa pemerintah, akademisi dan sektor swasta bekerja sama untuk menuju kehidupan yang lebih sehat dan kesejahteraan bagi seluruh pihak. 

Berikutnya, Blockert mengatakan bahwa peluncuran platform ini menandakan momen penting dalam kemitraan jangka panjang antara kedua negara. 

“Program-program, seperti peningkatan kapasitas, simposium layanan kesehatan, dan inisiatif bersama, akan menyatukan keahlian dari kedua negara untuk memenuhi visi pemerintah Indonesia di bidang layanan kesehatan,” tuturnya. 

Lanjutnya, komitmen ini dikatakan sejalan dengan komitmen Swedia-Indonesia untuk mencapai Agenda 2030 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TBP), utamanya dalam mendorong praktik layanan kesehatan berkelanjutan. 

Komisioner Perdagangan Swedia untuk Indonesia, Business Sweden, Erik Odar mengatakan bahwa program ini merupakan dialog panjang antar kedua negara yang telah berlangsung selama beberapa bulan.

Odar menuturkan bahwa apa yang ingin pihaknya lakukan adalah melihat di mana saja area-area yang dapat dikembangkan di Indonesia. 

“Hal tersebut sesuai dengan kemampuan Swedia dalam berbagai jenis, dan kemudian menemukan cara untuk membawa apa yang ditawarkan Swedia dalam hal teknologi dan pengalamannya ke Indonesia untuk membantu memajukan area-area tersebut,” jelasnya. 

Sebagai catatan, SISP Healthcare Platform memiliki tiga tingkat kerjasama yakni antar pemerintah, akademia melalui program beasiswa jenjang doktoral (PHD), dan sektor swasta melalui program pengembangan kesehatan. 

Perusahaan-Perusahaan Swedia seperti AstraZeneca, Elekta, Essity, Getinge, dan Hemocue, bekerja sama dalam SISP Healthcare Platform untuk menghadirkan inovasi dan keahlian Swedia dalam layanan kesehatan di Indonesia. Adapun, fokus utama termasuk digitalisasi, perawatan kanker, perawatan kritis, diabetes, serta kesehatan ibu dan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro