Ilustrasi/Digitaltrends
Health

Tanda Tubuh Butuh Asupan Suplemen

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 7 Desember 2016 - 09:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Tubuh biasanya memberikan tanda jika terjadi masalah pada organnya.

Dan kadangkala kita mengabaikan tanda tersebut, sehingga penyakit datang dengan tiba-tiba.

Padahal, jika tanda itu diperhatikan, bisa mengatasi atau mencegah terjadinya penyakit. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin dan mineral serta antioksidan dari makanan bergizi.

Karena kurang perhatiannya terhadap hal tersebut, Bahkan, terbaru menemukan bahwa satu dari setiap 10 orang setidaknya memiliki satu kekurangan vitamin.

Dr Sandhya Pandey, kepala ahli gizi klinis, Rumah Sakit Fortis, Gurgaon, mengatakan tubuh membutuhkan vitamin, dan apakah bisa didapat dari suplemen? ataukah harus mengandalkan dari makanan saja.

"Jika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi melalui makanan Anda, baik jika Anda mendapatkan nutrisi dengan melengkapi diet Anda dengan suplemen tetapi tidak harus dilihat sebagai pengganti untuk diet Anda." ujarnya.

Dia mengatakan cara terbaik sebelum mengonsumsi suplemen harus berkonsultasi dengan dokter

Berikut tanda Anda butuh suplemen seperti dilansir dari timesofindia.com:

Rambut dan kuku lemah
Jika kuku Anda rapuh dan rambut keriting atau mudah pecah, bisa jadi itu tanda Anda kekurangan biotin. Jika Anda mengalami peradangan kulit, iritasi, atau kulit mengelupas atau merasa rambut Anda lebih tipis, dan rapuh, Anda mungkin tidak mendapatkan cukup biotin dalam diet Anda. Biotin ditemukan dalam biji-bijian, telur, susu, kacang-kacangan, dan protein seperti salmon dan ayam.

Kebiasaan buang air besar berubah
Kekurangan niasin dapat menyebabkan efek samping yang serius dan agak tidak menarik. Mereka berkisar dari lesi tubuh yang memburuk di bawah sinar matahari langsung ke gejala gastrointestinal seperti sembelit, diare, mual, dan muntah.

Niacin dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat, dan membantu mengurangi pengerasan pembuluh darah. Ini ditemukan dalam daging, ikan, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan roti diperkaya dan sereal.

Hamil
dr Sandhya mengatakan jika Anda sedang hamil, Anda membutuhkan zat besi lebih banyak, kalsium dan asam folat. Tidak mendapatkan cukup folat dapat menyebabkan masalah besar bagi bayi Anda. Folat membantu mencegah cacat tabung saraf dari sumsum tulang belakang dan otak. Ini ditemukan di sayuran hijau gelap (seperti bayam), buncis, dan kacang.

Mudah memar
Anda bisa kekurangan vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan penting yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas kita terkena di lingkungan seperti polusi udara, asap rokok, dan sinar ultraviolet dari matahari. Ini ditemukan dalam buah jeruk, pepaya, paprika bawah kuning, jambu, kale, dan stroberi.

Mata merah
Anda bisa kekurangan vitamin B2. Mereka kehabisan Vitamin B2, sering menunjukkan tanda-tanda sangat terlihat (seperti mata merah). Ini ditemukan dalam susu, daging, telur, kacang-kacangan, ikan, dan sayuran berdaun hijau.

Mudah lelah
Jika Anda mudah lelah, bisa jadi Anda bisa kekurangan kalsium. Jika Anda jatuh pendek, tulang Anda akan mulai memburuk, dan Anda akan mengalami energi yang rendah, kata para ahli. Ini ditemukan dalam produk susu seperti susu dan yogurt, hijau gelap, almond, dan kacang buncis.

Sering kram kaki
Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika Anda menghadapi kram kaki, kata Dr Sandhya. Namun bisa ada kemungkinan bahwa Anda mungkin kekurangan vitamin E. Ini membantu dalam memperlambat proses penuaan. Ini ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, minyak sayur, sayuran berdaun hijau, telur, dan sereal yang diperkaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro