Menteri Kesehatan Nila F Moeloek/Antara-Wahyu Putro A
Health

Menkes Minta Dinas Kesehatan di Cilacap Lihat Ekses Industri Besar ke Kesehatan Masyarakat

Nindya Aldila
Kamis, 15 Juni 2017 - 23:50
Bagikan

Bisnis.com, CILACAP --  Menteri Kesehatan mendorong Dinas Kesehatan Kota Cilacap untuk lebih memperhatikan dampak industri besar yang berdiri di sekitarnya terhadap kesehatan masyarakat. Menurut laporan, masyarakat setempat banyak menderita penyakit pernapasan.

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek, untuk pertama kalinya mengunjungi Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Puskesmas Kroya 1 yang berada di Jalan Sudirman 53 Kroya menjadi destinasi pertama peninjauan di Kabupaten dengan wilayah terluas, terpadat dan terjauh dari ibu kota Kabupaten tersebut.

Cilacap sebagai sebuah kota pelabuhan yang memiliki tambang, memang bisa menjadi daya tarik bagi para industri tambang yang besar. Di sisi lain, keberadaan industri pertambangan akan membawa dampak yang besar pada masyarakat dan tentunya kepada sektor kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Marwoto melaporkan kepada Nila bahwa penyakit terbanyak yang dilaporkan di RSUD Cilacap yaitu demam typhoid dan tuberkulosis.

"Kelihatannya Cilacap masih disibukkan dengan penyakit infeksi, sementara di wilayah lain adalah penyakit tidak menular [PTM]. Tingginya kasus pneumonia dan infeksi saluran pernapasan akut [ISPA] di wilayah Cilacap cukup tinggi. Ini artinya, perilaku dan lingkungan menjadi faktor risikonya," katanya seperti dilansir dari siaran pers.

Untuk itu, Nila menegaskan keberadaan industri besar di wilayah Kabupaten Cilacap seharusnya menjadi peluang untuk mengembangkan program kesehatan, jangan malah justru merugikan kesehatan masyarakat.

"Saya titip pesan kepada Bapak Kadinkes untuk mendorong Pemda, agar pelaku industri lebih bertanggung jawab kepada lingkungan, kepada kesehatan dan pendidikan masyarakat," katanya.

Menkes juga mengingatkan kepada jajaran kesehatan yang hadir agar fokus membangun kesehatan masyarakat, terutama kepada puskesmas selaku garda terdepan kesehatan agar menyadari persoalan dan menemukan penyelesaian permasalahan, serta senantiasa terus meningkatkan mutu layanan kesehatan.

Tanpa kesehatan, tidak mungkin generasi kita bisa membangun bangsa yang kuat," tandas Menkes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro