Bayu Oktara/Antara
Relationship

Tip Menangkal Hoax Versi Bayu Oktara

Newswire
Sabtu, 23 September 2017 - 13:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyiar radio dan aktor Bayu Oktara memiliki kiat tersendiri untuk menangkal informasi yang tidak jelas kebenarannya atau yang biasa disebut hoax.

"Pertama, jangan langsung percaya terhadap informasi, baik berita atau foto yang kita terima," tegas pria kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1978 di Jakarta, Sabtu (23/9/2017).

Bayu mengatakan, ketika mendapatkan sebuah informasi, seseorang perlu mengecek beberapa hal, di antaranya sumber informasi, nama penulis informasi dan tanggal informasi tersebut dibuat.

"Saya juga biasa mengecek informasi tersebut di media yang biasa saya percaya. Ada tidak informasi itu di media," sambung Bayu.

Selain itu, ayah tiga orang putri ini biasa menggunakan berbagai aplikasi maupun situs-situs untuk mengecek kebenaran sebuah informasi maupun foto.

Menurutnya, beberapa situs yang dapat digunakan antara lain turnbackhoax.id, aplikasi analyzer atau dewanpers.or.id untuk mengecek kredibilitas media yang menyebarkan informasi.

Pada kesempatan sama, Bayu juga menyampaikan beberapa ciri berita hoax yang dapat digunakan untuk mengecek kebenaran sebuah informasi.

"Ciri pertama itu informasinya menggugah perasaan secara secara berlebihan. Jadi, kalau langsung melibatkan perasaan kasihan atau iba, itu perlu dipertanyakan," kata Bayu.

Kemudian, informasi tersebut bersifat provokatif yang diikuti dengan kata "sebarkan" atau "lawan" dan tidak mencantumkan sumber yang jelas.

Selanjutnya, informasi hoax biasanya diskriminatif atau ada pihak yang dipojokan dan ada pihak yang diuntungkan dari tersebarnya informasi tersebut.

"Terakhir, menebarkan kebencian, permusuhan, penghakiman dan penghukuman," tukas Bayu.

Untuk itu, Bayu berpesan agar setiap orang perlu menyaring berbagai informasi yang diterima sebelum menyebarkannya ke media sosial maupun jaringan media atau media network.

"Jadi, saring sebelum sharing," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro