Darlene Litaay pentaskan tarian Suku Maybrat

 
Inria Zulfikar
Inria Zulfikar - Bisnis.com 22 September 2011  |  11:44 WIB

 

JAKARTA: Koreografer Darlane Litaay asal Papua akan mementaskan karya tari terbarunya bertema Suiwa Project di Yogyakarta.
 
Pada pementasan pekan depan ini, Darlene yang memperoleh hibah seni Kelola akan menghadirkan karya yang berakar dari alam pikiran masyarakat tradisi Suku Maybrat yang berdiam di Sorong, Papua Barat.
 
Dalam tradisi mereka, Suiwa dipercaya sebagai sosok makhluk di langit yang memiliki kekuatan tari untuk menjadikan kehidupan alam. Tarian Suiwa akan mampu menciptakan apa yang diinginkannya.
 
“Apa yang telah tercipta dahulu tentunya telah menjadi bagian kehidupan masyarakatnya di suatu tempat tertentu. Setelah tari melahirkan dan mendewasakan kehidupan manusia zaman dulu, pelaku kehidupan masa kini perlu memperhatikan kehidupan tari,” kata Darlene Litaay hari ini.
 
Koreografer lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta akan melakukan dua pementasan di dua tempat berbeda. Pementasan pertama dilakukan di ruang terbuka di Lingkungan Studio Tari Banjarmili Sleman, Yogyakarta.
 
Sementara, pementasan kedua dilakukan di auditorium Lembaga Indonesia Perancis (LIP) Yogyakarta. (arh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top