Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konferensi kesehatan publik digelar di Bali

 
Adhitya Noviardi
Adhitya Noviardi - Bisnis.com 09 November 2011  |  09:50 WIB

 

JAKARTA: Sedikitnya 550 orang dari berbagai negara hadir sebagai peserta Konferensi Ilmiah Biregional Tephinet ke-6, yang berlangsung di Bali, 8-11 November.
 
Konferensi Training Programs in Field Epidemiology and Public Health Intervention Network (Tephinet)  tahun ini, mengangkat tema Global Surveillance Networking for Global Health. Tephinet adalah jaringan epidemiologi global, yang didedikasikan untuk menjaga standar kualitas pendidikan epidemiologi. 
 
“Melalui Tephinet, para tenaga kesehatan dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengaplikasikan ilmu epidemiologi,” kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, usai membuka konferensi tersebut kemarin malam, seperti dikutip dari rilis Puskompublik Kemenkes hari ini.
 
Menkes menuturkan epidemiologi adalah pilar utama dalam kesehatan masyarakat. “Dengan epidemiologi memungkinkan kita menentukan besarnya masalah, mengidentifikasi faktor-faktor risiko dan populasi rentan, merancang metode pengendalian, dan pemantauan, serta penilaian program.  
 
Melalui pengawasan rutin dan respon wabah, katanya, praktisi kesehatan masyarakat dapat mengatasi tantangan kesehatan dan mengalokasikan sumber daya untuk isu-isu penting. “Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Kami berbagi tanggung jawab dengan masyarakat, lembaga-lembaga akademik dan swasta,” ujar Endang. 
 
Memahami epidemiologi, mekanisme kontrol dan alat respon bukanlah tugas mudah bagi sebuah negara. Sebagaimana negara lain, katanya, pemerintah Indonesia bekerja untuk mencapai target internasional, dan mematuhi agenda global untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penduduk.  
 
Salah satu program regular Tephinet adalah menyelenggarakan konferensi ilmiah internasional 2 tahunan. Setiap tahun konferensi global dan biregional dilaksanakan bergantian. 
 
Konferensi ini didesain sebagai sarana saling berbagi informasi mengenai epidemiologi dan terapannya. (arh)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top