Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lukisan Affandi dan Popo Iskandar dilelang di Singapura hari ini

JAKARTA: Balai Lelang 33 Auction akan melelang 158  lukisan dan patung hasil karya maestro legendaris Indonesia dan China   Minggu 13 November, hari ini, di Grand Hyatt Hotel  Singapura.
Inria Zulfikar
Inria Zulfikar - Bisnis.com 13 November 2011  |  08:01 WIB

JAKARTA: Balai Lelang 33 Auction akan melelang 158  lukisan dan patung hasil karya maestro legendaris Indonesia dan China   Minggu 13 November, hari ini, di Grand Hyatt Hotel  Singapura.

 

Sejumlah lukisan karya Affandi diantaranya berjudul "Potret Diri" , “Andong”, dan “Pohon Beringin” akan ditawarkan. Karya maestro Indonesia lainnya yang ditawarkan dalam lelang ini adalah karya Popo Iskandar berjudul “Aquarium’ (estimasi US$5.500-US$7.500), “Mother and Child” (US$5.800-US$9500), “Two Leopard with Moon” (US$7000-US$11.600).

 

Karya Srihadi Soedarsono berjudul “The Spirit of  Love and Devotion” ditawarkan dengan harga US$53.900-US$69.300 sementara itu karya Trubus Soedarsono berjudul “Dancer” estimasinya US$15.400-US$19.300 dan “Bali Dancer” ditawarkan dengan harga US$40.000-US$60.000.

 

Sejumlah karya seni dari seniman seni berupa lukisan dan patung juga ditawarkan seperti karya Ju Ming berjudul “Mazu” (US$53.900-US$77.000). Deretan seniman China lainnya bisa disebutkan  Wei Jia, Yang Jing, Shen Dapeng,  Liu BaominYang Shihong,  Zhong Biao,  LiChen dengan karyanya berjudul  “Fairyland (estimasi US$84.700-US$107.700).

 

"Barang yang akan kami lelang di Singapura dalam jumlah lebih besar serta lebih ekslusif  lagi dibandingkan lelang di Jakarta beberapa waktu lalu," kata pimpinan 33 Auction Ali Kusno Fusin.

 

Menurut Ali, kalangan kolektor lukisan dan patung sangat bangga apabila dalam lelang berhasil memenangkan karya lukis yang dibuat artis-artis legendaris seperti Nyoman Gunarsa, Popo Iskandar, Abdul Azis, Basuki Abdullah, dan Affandi.

 

Ali optimistis penyelenggaraan lelang  ini akan memuaskan kalangan kolektor dan pecinta seni, dan sudah  lebih dari 100 peserta sudah mendaftar untuk mengikuti lelang ini.

 

Sebelum mengikuti lelang, peserta diberi kesempatan untuk melihat (viewing) karya lukisan dan patung pada 11-12 November  di Museum of  Contemporary Arts –MOCA Singapura pada pk. 11.00 sampai dengan 20.00 WIB untuk memastikan kondisi dan keaslian lukisan.

 

Linda MA, pemilik 33 Auction, mengatakan  lelang lukisan dan patung sebelumnya digelar di Jakarta pada 9 Agustus 2011 dengan menjual sekitar  80% dari sebanyak  158  lot koleksi seni yang ditawarkan.

 

"Idealnya, lelang karya lukis dan patung diselenggarakan dua kali dalam satu tahun. Menjadi prestasi tersendiri apabila perorangan atau institusi memenangkan tender karya seni dari artis legendaris," tutur Linda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rezza Aji Pratama

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top