HAK CIPTA SI UNYIL: Pak Raden yang pelit minta hak asuh si Unyil

JAKARTA: Pak Raden atau Suyadi tengah memperjuangkan hak cipta si Unyil. Pada 1995, Paqk Raden menyerahkan hak cipta 11 boneka dan gambar boneka ciptaannya kepada Perum Produksi Film Negara. Dalam perjanjian No. 139/P.PFN/XII/1995 disebutkan Suyadi menyerahkan
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 15 April 2012  |  11:19 WIB

JAKARTA: Pak Raden atau Suyadi tengah memperjuangkan hak cipta si Unyil. Pada 1995, Paqk Raden menyerahkan hak cipta 11 boneka dan gambar boneka ciptaannya kepada Perum Produksi Film Negara. Dalam perjanjian No. 139/P.PFN/XII/1995 disebutkan Suyadi menyerahkan hak cipta dan seluruh properti si Unyil selama 5 tahun.Hal itu mengundang keprihatinan pada para pengguna twitter. Tak pelak, dukungan pun mengalir deras kepadanya yang di usia senja sudah tidak memiliki pegangan hidup lagi.Khrisna Pabichara dalam akun ‏ @1bichara bersama @Zeventina mengungkapkan dukungannhya pada Pak raden, "Saya mendukung pak Raden untuk memperjuangkan hak cipta boneka Unyil. Sudah selayaknya pak Raden mendapatkan royalti..."Dhieta ‏ @qamadhieta  juga mengatakan karakter Pak Raden disuarakan oleh Drs.Suyadi. Beliau ini juga pencipta Unyil lho.Ungkapan lebih dalam dikicaukan D.A.P. Kromodiredjo ‏ @dyahdayu, "So sad hearing Pak Raden's daily life now since Unyil is no longer on TV. He's an example of a true teacher that all Indonesian kids need."Pak Raden memang identik dengan si Unyil. Karakter Pak Raden yang pelit justru membuatnya sangat terkenal di periode 1980-1990, seperti yang diungkapkan Daniel Octavianus ‏ dalam timeline di @iniOctavianus, "Pak Raden memang identik dgn si unyil. Tapi siapa sangkan kehidupan sederhananya kenapa harus miris gitu yah? Heem." Diningtyas mengingat masa kecilnya, lewat‏ @siidinii dia berkicau, "We all grown up with unyil pak raden and friends. Now, what can we do to help pak "Lain lagi kicauan Arif Api ‏ @arifpitoyo, "Lho, Pak Raden bukannya dulu pelit banget sama Unyil, ko skr minta hak asuh Unyil :)"Lintas.ME ‏ @LintasME juga mengungkapkan, "Miris..! Pak Raden "Mengamen" Demi Hidup dan Si Unyil http://bit.ly/HCSFuH."Semua sepakat kalau kisah si Unyil sangat mendidik dan memberi inspirasi. Pipin Beck ‏ @pipinBeck, "Legend! Harus ada Kisah anak2 seperi Pak Raden-Unyil dan sahabat. RT @estananto: RT @fadjroel: #PakRaden sahabat kita."

anwar ‏ @bdarma0808, "Kasihan Pak Suyadi alias Pak Raden di seri Unyil. Kini sakit. Semoga penggalangan dana buat Pak Raden sukses dan dapat royalti."Bahkan Pak Raden samapi rela mengamen untuk royalti si Unyil. bisnis-jabar.com ‏ @bisnisjabar, "Duh! Pak Raden rela ngamen untuk dapatkan hak cipta Si Unyil."(api) 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top