Fashion

SUSAN BUDIHARDJO Tak Pernah puas Bagikan Ilmu

Adhitya Noviardi
Selasa, 25 Desember 2012 - 02:32
Bagikan

JAKARTA—Desainer kondang Indonesia Susan Budihardjo, mengaku tidak pernah merasa puas dalam membagikan ilmunya kepada masyarakat.

“Saya ingin menularkan ilmu dan pengetahuan yang saya miliki kepada masyarakat banyak, terutama dalam bidang jahit menjahit,” ujar perempuan pengusaha pemilik Lembaga Pengajaran Tata Busana Susan Budihardjo ini di Jakarta.

Caranya membagi ilmu dengan mendirikan sekolah tata busana sejak 32 tahun silam. Hingga kini alumni sekolahnya sudah mencapai ribuan orang, dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Para alumni kami ada yang membuka usaha jahit menjahit, sebagai desainer, atau bekerja di tempat lain,” ujarnya.

Susan menuturkan kalau dia juga masih memikirkan karier para alumninya yang sudah lulus.

“Mau kemana mereka setelah itu. Kalau masuk ke pusat perbelanjaan dan bersaing dengan desainer yang sudah duluan punya nama, agak sulit. Karena itu saya coba cari jalan, melalui kerja sama dengan departement store,” ujarnya.

Dia merasa sangat bersyukur, karena salah satu pusat perbelanjaan terbesar di ibu kotamau mengajak bekerja sama, dan menampung koleksi karya alumninya untuk dijual.

Susan menjelaskan setiap orang dapat menjadi desainer. “Asal dia mau belajar, danmau praktik. Selama setahun penuh belajar di sekolah yang saya dirikan, mereka pastibisa. Dan itu akan membuka peluang kerja baru, bahkan ada yang bisa mandiri denganmembuka usaha menjahit,” ungkapnya.

Cabang sekolah tata busana Susan saat ini sudah ada di dua kota, yaitu Surabaya, dan diSemarang, serta pusatnya di Jakarta.

“Untuk membantunya dalam mengajar ratusan murid yang berusia 18 tahun ke atas, saya dibantu oleh sekitar 18 guru profesional,” katanya. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Adhitya Noviardi
Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro