Entertainment

AKIRA KUROSAWA raih penghargaan Jean Renoir Award

News Editor
Jumat, 25 Januari 2013 - 09:05
Bagikan

LOS ANGELES: Legenda pembuat film Jepang Akira Kurosawa (1910-1998) dan tiga rekannya yaitu Ryuzo Kikushima, Hideo Oguni dan Shinobu Hashimoto, akan diberi penghargaan Jean Renoir Award.

Penghargaan dari Writers Guild of America (WGA) itu akan diberikan 17 Februari 2013 di Los Angeles. Kurosawa dkk dinilai telah 'memberikan semua rasa luhur' untuk kesetiaan seumur hidup mereka bekerja pada film.

Hashimoto, 94-tahun, adalah anggota satu-satunya yang masih hidup dari kelompok itu. Dia diperkirakan tidak akan menghadiri upacara.

"Penghargaan tahunan ini diberikan untuk menghormati para penulis non-AS yang karyanya telah mengangkat nilai-nilai untuk kita semua," kata Wakil Ketua Penulis Guild of America West Howard Rodman.

"Keempat pria, bekerja sama dengan luwes, bertanggung jawab untuk banyak penulisan, banyak karya - film yang mencerminkan budaya Jepang, dan telah memberikan kita semua rasa luhur," tambah Rodman.

Kurosawa, yang menerima penghargaan Oscar pada tahun 1990 dan meninggal pada tahun 1998, ditemukan sukses di banyak film dengan berkolaborasi dengan Kikushima, Hashimoto dan Oguni dalam hal penulisan skenario.

Dengan Kikushima, duo penulis klasik seperti "Stray Dog"(1949) dan "Yojimbo"(1961). Hashimoto bekerja dengan Kurosawa pada tahun 1950 pada film "Rashomon."

Oguni, Hashimoto dan Kurosawa muncul bersama-sama pada 1952 pada film berjudul "Ikiru" dan pada 1954 "Seven Samurai--salah satu filmnya yang diadaptasi Hollywood dengan judul 'Seven'.

Kuartet secara keseluruhan menulis film seperti pada tahun 1957 "Throne of Blood" dan 1958 "The Hidden Fortress." Kikushima meninggal pada tahun 1989. Oguni meninggal pada tahun 1996.

Penerima award sebelumnya termasuk penulis skenario Italia mendiang Suso D'Amico pada 2009 dan Tonino Guerra pada 2011. (Antara/Bsi) (Foto: acertaincinema.com/ Sergio Leeman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Newswire
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro