Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

FESTIVAL NOWRUZ: Pesta Seni, Budaya, Kuliner dan Pameran Foto

BISNIS.COM, JAKARTA—Tujuh kedutaan besar di Indonesia yang bergabung dalam Islamic Cultural Relations Organization (ICRO) bersama  Sekretariat Asean mengadakan acara pesta budaya  Nowruz  Festival yang  meriah , Kamis malam
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 23 Maret 2013  |  06:18 WIB
FESTIVAL NOWRUZ: Pesta Seni, Budaya,  Kuliner  dan Pameran Foto
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Tujuh kedutaan besar di Indonesia yang bergabung dalam Islamic Cultural Relations Organization (ICRO) bersama  Sekretariat Asean mengadakan acara pesta budaya  Nowruz  Festival yang  meriah , Kamis malam (21/3.2013).

Ketujuh negara itu adalah Kedubes Afganistan, Azarbaijan, Iran, Kazakhstan, Pakistan, Turki, dan Uzbakistan. Ketujuh  kedubes tersebut mengandeng Sekretariat Aseean untuk mengadakan  acara Nowruz Festival yang merupakan perayaan budaya  dari negara tersebut. 

Kegiatan tersebut berlangsung meriah.  Festival budaya itu menampilkan  musik sufi Debu, beberapa orang dari setiap negara itu memakai busana khusus yang menarik,  pameran foto-foto tentang seni budaya masing-masing negara. Yang tidak kalah menariknya suguhan kuliner istimewa  khas dari masing-masing negara.

Dubes Republik Islam Iran Mahmoud Farazandeh mengatakan parayaan Nowruz itu dilaksanakan secara serentak di dunia pada 21 Maret. “Ini hari Nasional di Iran,” kata Farazandeh disela-sela perayaan tersebut di gedung Sekretariat Asean, Rabu malam (21/3/2013).

Perayaan itu, katanya,  biasanya dilaksanakan dengan hiburan, berkumpul bersama keluarga seperti Lebaran, mennyediakan hidangan khusus, dan memberikan sesuatu pada anak-anak. Hal itu merupakan momen untuk memulai hidup.


Nowruz  artinya  hari baru yang merupakan hari pertama pada musim spring. Perayan Nowruz,  kata  Ali Pahlevani Rad Press & Media Raltions Keduataan Republik Islam Iran,  Iran bersama enam negara lain yang bergabung dalam satu organisasi Economic Cooporation Organization ( ECO) bekerj asama dengan Sekretarian Asean mengadakan kegiatan Nowruz Festival.

Festival tersebut, katanya, baru  yang pertama kali dilaksanakan  di Sekretariat Asean. Tujuannya, katanya, untuk mengenalkan budaya Nowruz yang sudah dilaksanakan secara turun temurun sejak 3.000 tahun yang lalu.

Tahun baru Nowruz, kata Ali, merupakan tahun baru Syamsiah yang penghitungannya berdasarkan matahari.  “Pada malam ini merupakan perayaan tahun 1392 Syamsiah,” kata Ali.

Dia mengatakan  pelaksanaan kegiatan Nowruz Festival  yang di sini  menghadirkan esensi perayaan tersebut  seperti menyediakan hidangan yang spesial, hiburan, dan pameran foto-foto seni budaya dari negara-negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budaya seni festival nowruz ico
Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top