Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rolling Stones Gelar Konser 50 Tahun

BISNIS.COM, LOS ANGLES—The Rolling Stones, grup band rock asal Inggris yang dikenal sejak 1962, menyiapkan tur AS dalam rangka perayaan 50 Tahun kiprah mereka di dunia music.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 29 April 2013  |  20:12 WIB

BISNIS.COM, LOS ANGLES—The Rolling Stones, grup band rock asal Inggris yang dikenal sejak 1962, menyiapkan tur AS dalam rangka perayaan 50 Tahun kiprah mereka di dunia music.

Dalam perayaan ini, Stones akan menggelar tour delapan kota di AS. Tur akan digelar pertama di Oakland Oracle Arena pada 5 Mei 2013. Kelompok musik legendaris The Rolling Stones ini bahkan sudah menyiapkan kejutan untuk penggemar di Los Angeles (LA) pada Sabtu pekan depan (4/5/2013) saat memulai tur Amerika Serikat (AS) guna menandai 50 tahun karir mereka.

Ratusan penggemarnya waspada di akun Twitter Rolling Stones saat berbaris dari pukul 05.00 pagi waktu setempat pada Sabtu untuk mendapatkan tiket seharga US$20 guna menyaksikan konser di Echoplex Club, LA, yang berkapasitas 320 orang.

Tiket dibagikan dengan sistem undian dan mengikuti akun Twitter band itu terjual habis secara cepat.

Adapun tiket untuk konser pembukaan di Los Angeles di arena Staples Center mulai dijual kepada umum pada 15 April, dan masih tersedia pada Sabtu dengan harga sampai US$600, masing-masing.

Para musisi veteran Inggris tersebut akan meluncurkan tur 17-harinya di AS dan Kanada bertajuk "50 and Counting" pada 3 Mei 2013 di Los Angeles, setelah bermain beberapa hari di London, Paris dan New York
pada akhir 2012.

Gitaris Mick Taylor, yang bermain dengan Stones dari tahun 1969 hingga 1974, akan bergabung dengan vokalis Mick Jagger, gitaris Keith Richards dan Ronnie Wood, serta drummer Charlie Watts, sebagai tamu pada tur itu, demikian pernyataan melalui laman Rolling Stones.

Stones dikabarkan bakal bermain di panggung yang dirancang khusus dalam bentuk logo ikonik lidah-dan-bibir yang memungkinkan Mick Jagger mendekat ke penggemar.

Pada tahun lalu Stones menyajikan daftar lagu yang akan dibawakan diharapkan untuk fokus pada hits Stones klasik seperti "Gimme Shelter," "Paint it Black" dan "Jumping Jack Flash."

Pada musim panas tahun ini The Rolling Stones akan bermain di London Hyde Park, untuk pertama kalinya dalam karir panjang mereka, turut manggung di Festival musik Glastonbury di Inggris.

Daftar tour 50 Tahun Rolling Stones

Tanggal

Tempat

5 Mei 2013

Oakland Oracle Arena

8 Mei 2013

San Jose HP Pavilion

11 Mei 2013

Las Vegas MGM Grand Garden Arena

15 Mei 2013

Anaheim Honda Center

25 Mei 2013

Toronto Air Canada Center

28 Mei 2013

Chicago United Center

12 Juni 2013

Boston TD Garden

18 Juni 2013

Philadelphia Wells fargo Center

Pada digital.library.unt.edu, ditulis, Rolling Stones berdiri di London, Januari 1963. Namun, sesungguhnya cikal bakal Stones sudah ada sejak 1962 dengan formasi awal yang terdiri dari Mick Jagger (vokal, harmonika), Keith Richards (lead gitar, harmonika), Brian Jones (rhytm gitar, harmonika), Mick Avory (drums) dan Dick Taylor (bass).

Kelak sang drummer Mick Avory akhirnya bergabung dengan The Kinks dbp Ray davies, dan Dick Taylor mendirikan bandnya sendiri yaitu The Pretty Things. Band dengan formasi kuintet ini didirikan oleh Brian Jones (kelahiran Cheltenham, Inggris, 28 Februari 1942).

Ia meninggalkan Cheltenham dan pergi ke London untuk membuat grup musik. Sebelum mendirikan The Rolling Stones, Brian sempat bergabung dengan band Cheltone Six (Sebagai pemain klarinet) dan The Ramrods. Ketika di London, Brian bertemu dengan Mick Jagger dan Keith Richards, yang dimana akhirnya mereka bertiga membentuk sebuah grup musik yang bernama Little Blue & The Blue Boys.

Diawal penampilannya formasi Rolling Stones adalah Mick Jagger (vokal), Keith Richards (gitar), Brian Jones (multi instrumentalis), Bill Wyman (bass), Charlie Watts (drum) dan terakhir Ian Stewards (keyboard) yang setelah dipertimbangkan sudah tidak sesuai lagi dengan idola remaja (pada masa itu) ada sumber lain yang menyatakan kelompok band dengan anggota 6 orang, personilnya akan lebih sulit dikenal satu persatu oleh penggemar dibanding band dengan anggota 4 atau 5 orang, akhirnya keluar dengan hormat dari formasi kelompok musik tersebut dan kemudian menjadi tour manager sekaligus pemain keyboard kelompok ini pada 1963 hingga wafat 1985.

Jones – dalam Wikipedia-- dianggap memimpin band selama Jagger dan Richards menciptakan lagu yang kelak menjadi lagu-lagu hit kelompok ini, Hingga 1969 peranan Jones makin jauh berkurang bahkan dia tidak bisa ikut tur ke Amerika Serikat karena alasan hukum, dia mengundurkan diri dengan hormat dari band tersebut.

Beberapa minggu kemudian Jones ditemukan tewas tenggelam. Gitaris Mick Taylor mengganti posisinya bergabung dengan Rolling Stones dan mungundurkan diri 1974, kemudian posisinya digantikan oleh Ronnie Wood. Bill Wyman mengundurkan diri tahun 1992 posisinya diganti Darryl Jones tapi tidak masuk dalam formasi band sepenuhnya. (antara/reuters/rolling-stones.com/msb)

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat the rolling stones konser grup band

Sumber : Newswire

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top