Fashion

PENYAKIT TAK MENULAR: Akibatkan Kematian, Ini Tiga Penyebab Utamanya

Rahmayulis Saleh
Rabu, 19 Juni 2013 - 17:31
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA - Hati-hati mengonsumsi gula, garam, dan lemak (GGL). Sebab, penyakit yang ditimbulkan oleh ketiga komponen tersebut cukup berat.

Kematian akibat penyakit tidak menular (PTM), atau penyakit degeneratif, seperti, hipertensi, jantung, diabetes melitus, dan kanker di Indonesia semakin meningkat. Pada 2001 angkanya 49,9%, naik menjadi 59,5% pada 2007.

"Berbagai penyakit tidak menular tersebut dipicu dan diawali dari kebiasaan mengonsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan," kata Dokter Ekowati Rahajeng, Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan, di Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Dia menyebutkan umumnya penyebab penyakit tersebut, karena kurangnya edukasi mengenai diet dan gizi yang seimbang kepada masyarakat, termasuk mencermati konsumsi GGL, dan membaca label kemasan makanan.

Berbagai penyakit tidak menular itu, lanjutnya, seharusnya bisa dihindari. Caranya, dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan diet seimbang, dan membatasi penggunaan GGL.

Ekowati menjelaskan sebanyak 24,5% penduduk Indonesia mengonsumsi garam berlebihan, dan 12,8% memakan lemak berlebihan. Ditambah lagi dengan kebiasaan makanan manis, asin sebanyak 23,8%, dan berlemak sekitar 64,7%.

Untuk melindungi masyarakat dari konsumsi GGL berlebihan, perlu program edukasi dengan mengajak berbagai institusi lainnyan, termasuk pihak swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro